Takut dan Malu Bergaul? Wah, Bisa Jadi Anda Terkena Phobia Sosial

Dengan munculnya rasa cemas di saat bertemu dengan orang banyak, terlebih jika kita diharuskan berbicara di hadapan orang, memang bukan menjadi hal yang menakutkan lagi, ini salah satu hal yang wajar bagi seorang manusia.

Mungkin, anda bisa dikatakan mempunyai phobia sosial apabila kemunculan rasa takut yang ada dalam diri anda tanpa ada alasan yang jelas dan juga muncul dengan rasa yang sangat kuat. Baca juga Ladies, Yuk Tampil Cantik di Mata Pria Dengan 6 Hal Ini!

takut-bergaul

Bagi kebanyakan orang yang mempunyai phobia sosial atau bisa dikatakan dengan gangguan kecemasan sosial, akan dianggap sebagai salah satu orang yang susah untuk bisa bergaul dengan lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, biasanya phobia sosial ini muncul dikarenakan rasa takut yang oleh diri sendiri dinilai dengan negatif oleh orang lain.

Contohnya, kita menganggap kita takut untuk dianggap orang yang bodoh, orang yang tak menarik, bahkan orang yang tak kompeten di hadapan orang lain.

Ketakutan yang muncul ini menjadi kian memburuk dengan keterampilan sosial yang kian rendah atau pengalaman di saat situasi sosial. Bahkan, dengan kecemasan itu, bisa memicu adanya serangan yang cukup panik.

Orang yang biasa memiliki phobia sosial ini juga seringkali merasakan panik, bahkan di saat sebelumnya, ia tengah berada pada situasi yang sedang ditakutkan tersebut. Contohnya, dengan beberapa hari atau 1 (satu) minggu dari acara yang dilangsungkan tersebut.

Orang yang memiliki phobia sosial ini rata-rata akan mencoba untuk menghindari dalam melakukan beragam kegiatan, yang menyangkut dengan peran orang lain, contoh kecilnya seperti bertanya, atau dengan makan di depan orang lain.

Yang sangat menyebalkannya lagi, jika memang harus dipaksakan tampil, ketakutan tersebut bisa menimbulkan gejala fisik yang terjadi pada diri seseorang tersebut, seperti halnya berkeringat, diare, gemetar, sakit perut, bahkan hingga pusing.

Di sisi lain, dengan teknologi yang kian maju, bagi orang yang mempunyai phobia sosial bisa berkurang dengan cara terhindar dari kebanyakan orang lain.

Seperti contoh yang ada di lingkungan masyarakat saat ini, tidak sedikit kantor yang mengizinkan karywannya untuk tetap bisa bekerja dari rumah, namun, konsekuensi juga harus tetap diberikan.

Akan tetapi, hal ini tentu membuat phobia sosial kian menjadi-jadi, dan jika dibiarkan terus menerus malah akan berbahaya.

Maka dari itulah, solusi terbaik adalah berubah. Berubah dari hal kecil, mulai melakukan interaksi singkat, bahkan akhirnya lihai dalam bergaul. Bagaimana, apakah anda sudah siap? Baca juga Makan Daging Ternyata Bisa Membuat Badan Anda Gemuk Lho!

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.