Stres dan Kurang Makan Sayur Penyebab Timbulnya Jerawat di Usia Dewasa

Jerawat adalah salah satu masalah yang dialami oleh remaja pada masa pubertas. Kondisi ini membuat mereka yang mengalaminya menjadi kebingungan dan sebisa mungkin untuk menghilangkannya.

Masih wajar apabila jerawat tumbuh karena masa pubertas dengan perubahan hormon. Akan tetapi, apabila jerawat masih tetap tumbuh atau muncul di usia dewasa, beda lagi masalahnya. Bisa jadi yang menjadi penyebab adalah gaya hidup hingga pola makan yang kurang diperhatikan.

Bisa dikatakan berdasar suatu studi yang baru-baru ini dilakukan, jika orang dewasa masih mengalami munculnya jerawat, ini diakibatkan oleh adanya mereka yang kurang asupan makanan bergizi, seperti sayur hingga buah-buahan yang menyehatkan.

Tidak hanya pola makan saja yang salah, tingkat stres yang tinggi juga bisa mendorong timbulnya pertumbuhan jerawat lho!

Kesimpulan yang berhasil didapat ini dihasilkan dari adanya studi yang telah dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Italia, dengan melibatkan sebanyak 500 wanita yang menginjak usia di atas 25 tahun.

Peneliti berani untuk menyimpulkan apabila wanita yang mengonsumsi sayuran 3 hari saja dalam seminggu akan mengalami resiko kulit yang berjerawat. Terlebih jerawat akan sangat mudah datang apabila orang tersebut tak mengonsumsi sayur sama sekali. Stres juga menjadi salah satu penyebabnya.

Terkadang, orang-orang yang jarang mengonsumsi sayur dan buah-buahan, cenderung memiliki pola makan yang tidak sehat, seperti makan makanan yang kurang akan kandungan vitamin dan serat. Bahkan, bisa jadi, orang tersebut menjadi mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan gula.

Bahkan, kembali ditemukan jika makanan yang menyebabkan gula darah menjadi melonjak tersebut dinilai bisa menimbulkan kadar hormon sehingga bisa meningkatkan kelenjar minyak yang ada di kulit. Lagi, orang yang mengonsumsi junk food juga menjadi lebih mudah mengalami jerawat pada kulitnya.

Dampak jerawat ini juga secara tidak langsung bisa menimbulkan masalah pada kesehatan mental. Semisal, jika ada seseorang yang mengalami jerawat, maka orang tersebut akan diejek atau merasa malu jika dilihat oleh orang lain.

Itulah pentingnya untuk tetap bisa menjaga keseimbangan gaya hidup yang sehat, karena hidup yang sehat itu sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya, kita saja yang malas untuk melakukannya, dan menjadi terasa berat apabila akan dilakukan.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.