Singa Asia Predator Terancam Punah

Asian Lion (Panthera leo persica) – Singa Asia adalah hewan predator jenis Mamalia (binatang menyusui), status Karnivora (pemakan daging), rentang hidup rata-rata di alam bebas sekitar 16 sampai 18 tahun. Berat badan 300 sampai 500 lbs (120-226 kg). Mereka hidup dalam kelompok singa atau disebut Pride (kebanggaan), status perlindungan mereka kini terancam punah.

Hampir semua hewan singa liar tinggal di sub-Sahara Afrika, tetapi satu populasi kecil dari singa Asia ada di hutan Gir India. Singa-singa Asia dan Afrika merupakan subspesies dari spesies yang sama.

Singa Asia telah berkeliaran mulai dari Timur Tengah hingga India. Sekarang jumlah mereka hanya sekitar 200-260 ekor yang masih bertahan hidup di alam liar. Hutan Gir adalah hutan jati yang kering sekali sebagai tempat berburu dan dimana kerajaan mereka berada. Saat ini mereka adalah hewan yang sangat kritis di mana singa Asia terancam punah yang sangat dilindungi. Sejumlah 200 ekor singa Asia lainnya hidup di kebun binatang.

READ  Kucing Bisa Hidup Bersama Dengan Anjing

Singa adalah hanya kucing besar yang hidup dalam kelompok, yang disebut Pride. Pride adalah unit keluarga singa yang dapat mencakup hingga tiga pejantan dan selusin betina beserta anak-anak mereka. Semua singa betina adalah sebuah saudara yang saling terkait dan mereka mengasuh anak-anaknya secara bergotong royong dalam menyusui. Pejantan muda suatu saat akan meninggalkan kelompok dan akan membentuk kelompok sendiri dengan mengambil alih sebuah kelompok lain yang dipimpin oleh pejantan lain melalui pertarungan.

Hanya singa jantan yang memiliki surai yang lebat sehingga mengesankan seperti rambut panjang yang mengelilingi kepala mereka. Singa jantan yang mempertahankan wilayah berburu dan menjaga kelompok mereka dari serangan predator lain. Mereka menandai daerah kekuasaan dengan urin, auman yang menggema untuk mengancam dan memperingatkan penyusup, dan mereka akan mengejar hewan apapun yang mencoba melanggar batas wilayah mereka.

Singa betina adalah pemburu utama dalam kelompok mereka. Mereka sering bekerja sama untuk memangsa mamalia besar seperti kerbau, jerapah, zebra dan mangsa besar lainnya.

READ  Crossbills, Burung Pemakan Biji Pinus

Setelah berburu, kelompok mereka mengajarkan kepada anak-anaknya cara-cara membunuh mangsa dan berkelahi dalam perburuan. Mereka melakukan adegan saling menjilat antara satu sama lain, walaupun sebelumnya mereka saling bertarung untuk berebut makanan. Singa muda tidak ikut membantu berburu sampai mereka berusia sekitar satu tahun. Singa-singa akan berburu sendirian jika ada kesempatan yang memungkinkan untuk berburu sendiri. Mereka juga mencoba membunuh para pencuri seperti hyena atau anjing liar.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *