vps murah

Home / Gadget

Jumat, 10 Desember 2021 - 23:00 WIB

Simak Tips Memilih Tablet Terbaik Berikut Ini

Tablet jadi salah satu perangkat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan hiburan dan juga pekerjaan. Selain mudah digunakan, bobotnya ringan, dan juga portabel, tablet dirancang untuk memudahkan Anda dalam mengakses berbagai aktivitas harian, seperti membaca buku digital, melakukan panggilan video, bermain game, dan menonton film.

Tablet juga bisa dimanfaatkan sedemikian rupa menjadi layar TV portabel untuk dibawa bepergian dan juga membantu Anda menyelesaikan pekerjaan ringan tanpa harus membawa laptop yang cukup berat. Ditambah dengan dukungan aplikasi yang beragam, mulai dari menggambar, melukis, membuat musik, hingga teman meditasi, tablet adalah saluran yang bagus untuk mendorong kreativitas Anda.

Saat ini, ada banyak model tablet terbaru yang tersedia dari berbagai merek. Meskipun semua memiliki keunggulan masing-masing, hal ini terkadang membuat Anda kebingungan dalam memilih produk tablet yang paling tepat. Untuk Anda yang sedang mencari tablet yang bisa digunakan untuk menonton video sekaligus sebagai tablet premium untuk menggantikan fungsi laptop Anda, tablet adalah pilihan yang bisa Anda pertimbangkan.

Tablet diproduksi oleh berbagai produsen seperti Apple, Samsung, Huawei, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat Anda bisa memiliki banyak pilihan yang jadi pertimbangan. Lantas, bagaimana mengetahui tablet terbaik yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan? Simak tips memilih tablet terbaik di bawah ini!

Pastikan Sesuai dengan Kegunaan

Satu poin utama yang harus Anda pikirkan adalah tujuan utama dari tablet tersebut. Pastikan apa saja yang bisa digunakan, yang ingin Anda gunakan, dan fitur tambahan apa saja yang Anda inginkan dalam tablet tersebut. Setelah mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, Anda bisa mencari prosesor tablet yang cocok sampai ukuran layar yang sesuai untuk Anda.

READ  Tutorial Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca Di Android

Prioritaskan fitur yang dibutuhkan untuk memastikan tablet dapat digunakan secara optimal. Anda bisa mencari tablet dengan resolusi tinggi untuk menonton film dengan nyaman atau speaker yang jernih sebagai alat untuk membuat musik yang berkualitas.

Pilih Desain yang Sesuai dengan Keinginan

Mungkin Anda sudah memiliki bayangan mengenai desain atau ukuran yang diinginkan, seperti dari segi ukuran, warna, dan berat dari tablet tersebut. Ukuran tablet PC pada umumnya berkisar dari 7 inci sampai 10 inci, sesuai dengan kegunaan dan desain. Tablet biasanya terbagi menjadi 3 kategori ukuran yaitu compact, medium, dan large.

Tablet compact bersifat portabel, ringan, dan lebih murah. Sedangkan tablet ukuran medium dan large memiliki area layar lebih lebar untuk melakukan pekerjaan produktif. Namun, tablet yang berukuran kecil biasanya memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dibandingkan tablet berukuran besar. Jika Anda mau beli tablet, baik via online atau mendatangi toko retail, pastikan ukuran dan desain sudah sesuai keinginan sebelum membeli.

Cek Performa Lewat Review

Sebagian besar kinerja tablet ditentukan berdasarkan sistem operasi atau operating system (OS) yang digunakan. Sistem operasi ini akan membantu Anda menentukan aplikasi apa saja yang tersedia dan yang bisa Anda gunakan. Secara umum, Anda bisa memilih tablet dengan OS Android terkini untuk melakukan berbagai fungsi.

Jika Anda sedang mencari tablet untuk bermain game online yang seru, Anda disarankan mencari tablet dengan prosesor kelas menengah ke atas dan RAM yang tinggi untuk memastikan pengalaman gaming yang seru. Pastikan juga chipset dari model yang Anda inginkan dan cek review-nya dari blog atau Youtube.

Cek Lagi Kapasitas Memori

Sebagian besar tablet memiliki kapasitas yang bervariasi dari 16GB sampai bahkan hingga 2TB. Banyaknya ruang yang Anda butuhkan tergantung dari kegunaan Anda dalam memanfaatkan tablet tersebut.

READ  BlackBerry Rio Z20 Launched in Early 2015

Penggunaan umum seperti email dan streaming video tidak memakan banyak memori. Namun, Anda bisa mempertimbangkan tempat penyimpanan yang lebih besar jika Anda ingin mengunduh berbagai aplikasi dan games. Sebagian besar memori tablet PC juga dapat di-upgrade dengan tambahan micro-SD card.

Lihat Spesifikasi Keseluruhan

Setelah memastikan kegunaan dan performa yang dibutuhkan, lihat spesifikasi tablet yang Anda cari, mulai dari tempat penyimpanan, daya baterai, kecepatan membaca file, kamera, dan juga kualitas gambarnya. Anda juga bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai aksesoris yang tersedia, seperti stand tablet, keyboard, casing, headset, kabel data, dan charger agar Anda bisa bekerja dengan lebih produktif.

Jika Anda berencana untuk membawa tablet saat bepergian atau jalan-jalan, pastikan untuk mencari tablet yang bisa bertahan tanpa pengecasan selama 7 sampai 9 jam. Selain itu, apabila Anda ingin menghubungkan keyboard atau headset, cari tahu terlebih dulu konektivitas yang tersedia untuk membeli aksesoris yang tepat.

Pilih Harga Tablet yang Sesuai Budget

Harga tablet yang tersedia di pasaran memang sangat bervariasi. Membeli tablet dengan harga yang lebih tinggi, tetapi tidak memanfaatkan fitur-fitur canggih sepenuhnya dirasa sayang. Sebaliknya, membeli tablet dengan harga yang sangat rendah, terkadang spesifikasinya tidak seperti yang diinginkan.

Apabila Anda sudah memiliki budget untuk membeli tablet, carilah tablet yang masuk ke dalam kisaran harga tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi dari tablet yang Anda cari, karena belum tentu tablet dari merek-merek yang berbeda memiliki spesifikasi yang sama terlepas dari kisaran harga yang serupa.

Share :

Baca Juga

Gadget

Absensi Online Atau Finger Print, Mana Lebih Baik Diantaranya?

Gadget

LG Segera Hadirkan Smartphone Berbasis Windows

Gadget

Samsung Meluncurkan 2 Produk Notebook Awal Tahun 2015

Gadget

Wali Kota bandung akan launcing applikasi tombol panik untuk mengatasi begal dan applikasi sembako untuk meninjau harga pasar setiap harinya

Gadget

LG Return Prepare a Smartphone Based Windows

Gadget

Kodak Released Smart Phone 2015 to Begin Smartphone Business

Gadget

Tempat Baru User Xperia Indonesia

Gadget

Samsung Z1 With Tizen OS Was Launched at 2015