Seperti Apa Ciri-ciri Artikel Berkualitas Menurut Google?

Halo juragan… Semua blogger berusaha menciptakan artikel berkualitas agar bermanfaat bagi pembaca maupun kita sendiri, dan itu sebuah langkah jempol. Namun kita harus tahu seperti apa ciri-ciri artikel berkualitas.

Sebelumnya saya telah membahas tentang hal ini di posting sebelumnya yang berjudul Cara Menulis Artikel Berkualitas di Blog, namun hal itu berdasarkan pandangan secara umum, dimana yang menilai sebuah artikel berkualitas adalah kita sendiri, pembaca dan search engine.

Nah, dalam hal ini saya akan mencoba mengulas seperti apa ciri-ciri artikel berkualitas menurut search engine, dalam hal ini google. Tapi sayangnya yang tahu persisnya adalah google sendiri, dan google menilai kualitas artikel berdasarkan kemampuan algoritma yang dimilikinya juga.

Tapi setidaknya kita bisa memprediksi bagaimana google menilai artikel kita berkualitas berdasarkan study kasus yang saya pelajari dari artikel populer. Google pernah menerangkan di webmaster central bahwa beberapa webmaster terkadang terkejut tiba-tiba sebuah artikel bisa berperingkat lebih tinggi dari lainnya, cari tahu mengapa hal itu bisa terjadi.

Seperti kita ketahui bahwa kualitas artikel menjadi salah satu tolok ukur google untuk menampilkannya di halaman pertama berdasarkan resep algoritma hummingbird.

* Google menilai artikel berkualitas seperti di bawah ini.

1. Artikel singkat namun kaya informasi.
Ini termasuk ke dalam resep google untuk menentukan artikel berkualitas.

2. Artikel unik, artinya artikel yang orisinil dan lain dari yang lain.
Ini juga termasuk artikel berkualitas paling ampuh karena belum pernah diposting di internet.

3. Artikel yang bersifat memberikan pembelajaran bermanfaat bagi pembaca.
Misalnya, cara membuat ini dan itu. Artikel semacam ini dianggap berkualitas oleh google.

4. Artikel dengan tulisan yang mudah dipahami.
Artikel ini dianggap berkualitas oleh teknik “conversational search” yang dimiliki oleh algoritma hummingbird.

5. Artikel yang banyak dirujuk oleh website lain.
Artikel ini dianggap berkualitas oleh google karena banyak dijadikan referensi oleh website lain.

Dan masih banyak resep lainnya yang digunakan google untuk menilai dan memeringkat kualitas sebuah artikel.

( i ) Artikel panjang belum tentu dianggap berkualitas jika isinya hanya bertele-tela dan sulit dipahami oleh pengguna, dan bahkan lebih baik artikel singkat namun mengena. Artikel berkualitas akan membuat pembaca merasa mendapatkan manfaat dan google tahu akan hal itu dari kecannggihan teknik google dalam membaca perilaku pengguna/pembaca.

Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan kepada teman-teman dan semoga bermanfaat. jangan lupa baca juga Cara membuat Artikel Tidak Berkualitas menjadi Berkualitas.

Bagikan:
31 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.