SEO Gratis vs SEM Berbayar

Ada banyak cara untuk mengarahkan traffic ke situs, tapi pada dasarnya ada dua yang paling penting. yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Meskipun ada beberapa kesamaan di antara keduanya, mereka berputar di sekitar keyword, mereka secara fundamental berbeda.

Untuk mempelajari bagaimana menggunakannya dengan benar, berikut adalah beberapa tips tentang kapan saat yang terbaik menggunakan SEO gratis dan ketika SEM adalah pilihan yang lebih baik. Namun, sebelum kita pindah ke tips sendiri, perlu diperjelas dulu apa yang kita masukkan pada daftar SEO gratis dan apa yang masuk kategori SEM.

 

Apa itu SEO Gratis dan Apa SEM Berbayar?

Ada beberapa definisi tentang apa itu SEO dan SEM. Dalam beberapa kasus mereka bahkan digunakan sebagai sinonim, yang tidak tepat karena mereka sangat berbeda  atau SEO dimasukkan sebagai subkategori dari payung luas SEM yang membingungkan.

Untuk menghindari kebingungan, di sini kita definisikan SEO. SEO melibatkan semua pembangunan link dan kegiatan optimasi onpage yang tujuannya adalah untuk mencapai peringkat yang baik dalam pencarian organik, sedangkan SEM adalah segala sesuatu yang Anda bayar, seperti traffic PPC. Anda mungkin bertanya apakah ini berarti bahwa link dibayar milik SEM. Bukan, mereka hanya trik black hat dan tidak termasuk ke SEO maupun  SEM.

 

Waktunya Gunakan SEO Gratis

SEO gratis mungkin tidak melibatkan pengeluaran uang tetapi itu bukan berarti alternatif yang lebih murah. Ketika Anda mempertimbangkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk optimasi onpage dan untuk membangun link, Anda tidak akan menganggapnya gratis lagi, waktu adalah uang dan kegiatan SEO gratis telah menghabiskan begitu banyak waktu yang Anda gunakan sehingga Anda tahu seberapa ‘mahal’ arti ‘gratis’. Namun demikian, ada kasus saat Anda hanya perlu SEO.

Kasus-kasus itu meliputi:

  • Keyword yang kurang kompetitif, terutama long-tail keyword.

Untuk kata-kata yang kurang kompetitif, Anda tidak membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk mencapai peringkat yang baik. Terutama berlaku untuk long-tail keyword karena bahkan jika Anda melakukan penawaran untuk mereka, Anda tidak akan mendapatkan banyak klik. Untuk long-tail keyword mungkin untuk mencapai peringkat yang baik bahkan tanpa perlu kegiatan SEO khusus, tinggal masukkan long-tail keyword beberapa kali pada halaman dan sepertinya akan langsung merangkak naik meski tidak sampai puncak, bahkan tanpa banyak (atau malah ada) backlink.

  • Bila Anda berada pada anggaran yang ketat.

Kasus kedua ketika SEO menjadi satu-satunya pilihan saat Anda berada pada anggaran yang ketat dan idealnya Anda memiliki banyak waktu luang. Bila anggaran Anda terlalu terbatas, Anda mungkin bisa membeli beberapa klik PPC murah tapi pada dasarnya 100 atau 200 klik tidak akan membuat perbedaan besar. Dalam hal ini, Anda hanya menginvestasikan waktu Anda dalam SEO dan saat anggaran Anda memungkinkan, pindahlah ke PPC.

Sekilas nampak seperti SEO tidak terlalu berguna bila Anda dalam kondisi tidak punya banyak pilihan, tetapi tidak selamanya begitu. SEO berguna dan bahkan jika Anda mampu untuk menghabiskan banyak uang di PPC, peringkat organik sepenuhnya bisa diraih.

 

Kapan Waktunya Mengunakan SEM Berbayar?

Cepat atau lambat Anda melihat bahwa SEO gratis saja tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Terasa sangat kuat setelah adanya update lain untuk algoritma pencarian, seperti update Panda, ketika situs Anda memiliki peringkat yang baik untuk keyword Anda tiba-tiba terpuruk di papan bawah hasil pencarian. Pada saat-saat seperti ini, hampir semua orang akan beralih ke PPC dan pencarian berbayar. Namun demikian, meski ketika waktunya tidak instan, SEM adalah alternatif yang baik. Sebagai contoh, ini bekerja lebih baik dalam kasus berikut:

  • Untuk keyword kompetitif.

Keyword yang kompetitif terlalu sulit untuk ditaklukkan secara organik. Jika Anda bandingkan dengan waktu yang diperlukan SEO, bagi keyword kompetitif PPC jauh lebih murah daripada organik. Tentu saja, jika Anda mulai dengan Adwords dan $ 3-4 per klik, biaya akan sangat besar tetapi jika Anda mencoba keyword yang kompetitif pada beberapa alternatif Adwords pertama, kemungkinan besar Anda akan mencapai hasil yang lebih baik untuk sebagian kecil uang yang Anda akan habiskan pada Adwords.

  • Bila Anda butuh banyak traffic dalam waktu singkat.

SEO Gratis membutuhkan waktu banyak untuk melihat hasilnya. Jika Anda berkendala dengan waktu, misalnya Anda memerlukan traffic yang mendesak, Anda akan tidak ingin menunggu. Misalnya, jika Anda menjual baju lebaran dan keyword Anda terlalu kompetitif, Anda mungkin berakhir dengan peringkat baik secara organik tetapi tidak ada gunanya peringkat yang baik dengan keyword yang berhubungan dengan lebaran jika masih lama. Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan atau satu bulan sebelumnya Anda mungkin ingin untuk mengarahkan traffic besar dengan PPC. Jika Anda ingin memulai SEO pada waktu yang jauh dari itu, dalam hal ini PPC adalah satu-satunya alternatif Anda.

  • Untuk eksposur yang lebih baik.

Kebanyakan ahli berpikir bahwa itu adalah Top 5  atau bahkan Top 3 untuk keyword tertentu penting. Dengan kata lain, jika Anda berhasil untuk membuatnya ke tempat ke-7 atau ke-10, misalnya, tidak akan sebagus masuk ke Top 5 dan tetap saja Anda akan menginvestasikan banyak dalam SEO gratis. Jika Anda ingin mendapatkan eksposur yang lebih baik, Anda perlu mempertimbangkan daftar berbayar. Daftar berbayar untuk keyword tertentu yang ditampilkan di atas yang organik, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak eksposur, tetapi Anda juga harus ingat bahwa umumnya pengguna lebih cenderung mengklik hasil organik dari pada daftar berbayar karena mereka merasa daftar organik yang lebih otentik.

  • Mencari keyword yang mengkonversi dengan baik.

SEM berbayar merupakan sumber gagasan keyword untuk SEO gratis. Setelah Anda memulai kampanye, Anda akan melihat bahwa beberapa keyword kompetitif yang Anda pikir akan melakukannya untuk Anda, jika Anda berperingkat baik di Google, sebenarnya tidak dikonversi. Cukup logis bahwa jika keyword kompetitif bukan berarti akan mengkonversi dengan baik untuk Anda dan bagusnya Anda tidak perlu repot-repot mempelajari terlalu dalam. Paling bijaksana yang dapat Anda lakukan adalah menghabiskan beberapa dolar untuk kampanye PPC dan lihat apakah keyword tertentu tersebut mengkonversi dengan baik. Jika tidak, maka tingkatkan upaya SEO gratis dan anggaran PPC Anda untuk itu.

SEO gratis dan SEM berbayar saling melengkapi. Masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan dan untuk hasil terbaik, pendekatan terbaik  adalah dengan menggunakan keduanya. Anda hanya perlu sedikit bereksperimen sampai Anda menemukan kombinasi yang tepat dan lakukan pemantauan terhadap efek yang dihasilkan, tapi setelah Anda menemukan formula yang sempurna, Anda tidak akan percaya berapa banyak traffic Anda akan mendapatkan.

 

sumber: idblog.uptopromo.com

Bagikan:
Tags:, ,
8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.