vps murah

Home / Sejarah

Selasa, 19 November 2013 - 18:50 WIB

Selma Lagerlöf, Tokoh Penulis Wanita Asal Swedia

Halo juragan… Tahukah anda siapa Selma Lagerlöf? Penerima hadiah nobel “The Nobel Prize in Literature 1909”

Selma Lagerlöf adalah seorang tokoh penulis wanita ternama asal Swedia yang lahir pada tanggal 20 November 1858 di Östra Emterwik, Värmland, Swedia dan wafat pada tanggal 16 Maret 1940. Pada tahun 1909 Selma Lagerlöf memenangkan Hadiah Nobel “di apresiasi idealisme tinggi, imajinasi dan persepsi spiritual yang menjadi ciri tulisannya”

Selma Lagerlöf – [credit commons.wikimedia]

Dia dibesarkan di Marbacka, keluarga elit yang dia tinggal disana sampai tahun 1881 lalu pergi ke sebuah perguruan tinggi guru di Stockholm.

Pada tahun 1885 ia menjadi guru di sekolah menengah wanita di Landskrona. Dia telah menulis puisi sejak dia masih kecil, tapi dia tidak mempublikasikan apa-apa sampai tahun 1890. Hingga sebuah mingguan Swedia memberinya hadiah pertama dalam kompetisi sastra dan dipublikasikan dari buku pertama, terbaik dan karyanya yang paling populer.

READ  Hari Ayah 12 November DiPeringati di Google Doodle

Buku Gösta Berlings Saga diterbitkan pada tahun 1891, namun tanpa terasa sampai diterjemahkan ke bahasa Denmark yang menerima pujian kritis luas dan membuka jalan bagi buku sukses yang abadi di Swedia dan di tempat lain.

Pada tahun 1895 dukungan keuangan dari keluarga kerajaan dan Akademi Swedia mendorongnya untuk meninggalkan kegiatan mengajar sama sekali.

Dia bepergian di Italia dan menulis Antikris mirakler pada tahun 1897 [The Miracles of Dajjal], satu set baru di Sisilia. Setelah beberapa karya kecil ia menerbitkan Yerusalem pada tahun 1901-1902 [Kota Kudus], sebuah novel tentang petani Swedia yang beremigrasi ke Tanah Suci dan siapa dia telah mengunjungi pada tahun 1900. Karya ini adalah kesuksesan pertama.

READ  Kekuatan Pendekar Warok Ponorogo Luar Biasa

Sebuah buku yang dimaksudkan sebagai primer untuk sekolah dasar menjadi salah satu buku anak-anak paling menarik dalam bahasa apapun: Nils Holgerssons underbara resa genom Sverige pada tahun 1906 [The Wonderful Adventures of Nils]. Tak satu pun karya yang bisa mengalahkan kekuatan atau keberhasilan Gösta Berlings Saga.

Pada pertengahan abad ke-20 dia menerbitkan trilogi sejarah: [Cincin dari Löwenskölds, 3 jilid], Löwensköldska Ringen (1925), Charlotte Löwensköld (1927), dan Anna Svärd (1928). Dia juga menerbitkan beberapa volume kenangan bawah berjudul Marbacka (1922-1932).

Demikian otobiografi / biografi  Selma Lagerlöf dalam rangka memperngati hari ulang tahun beliau yang ke-155 pada tanggal 20 November 2013.
By: Juragan Cipir – Http://Juragancipir.Blogspot.Com

Share :

Baca Juga

Alam

Livingstone – Penjelajah Barat Pertama di Afrika

Reportase

Misteri Kuburan Kereta Dan Kuda 2.500 Tahun Ditemukan

Google Doodles

Google Doodle Memperingati Malam Natal 2013

Google Doodles

Hari Ibu Internasional Di Google Doodles 11 Mei 2014

Google Doodles

Ulang Tahun Grace Hopper ke-107 di Google Doodle

Google Doodles

Sejarah Perayaan Malam Halloween

Misteri

Gedung Lawang Sewu Paling Berhantu di Asia

Diary

Terima Kasih, Google Menghargai Kemerdekaan Indonesia