Sejarah Karaoke Bar Kobe Yang Membuatmu Ingin Terus Bernyanyi

Bagi Anda yang menggemari dunia tarik suara pasti tidak asing dengan kata karaoke. Kata yang akan mengingatkan Anda akan kegiatan seseorang dalam menyanyikan lagu tanpa adanya suara penyanyi di dalamnya dengan iringan teks yang akan membimbing seseorang untuk bernyanyi.

sejarah-karaoke

Di zaman modern ini, dimana semuanya serba mudah, kebutuhan seseorang akan hiburan makin terpenuhi, tak terkecuali urusan karaoke ini. Dimana hampir semua kota besar memiliki studio untuk memanjakan masyarakat dalam menyalurkan hobinya berkaraoke.

Kata “karaoke” sendiri berasal dari bahasa jepang. Dimana asalnya dari kata Karappo yang  disingkat menjadi kara yang berarti kosong dan kata okesutura (orkestra) yang juga disingkat oke. Jadi gabungan dua kata tersebut bisa diartikan sebagai musik yang kosong atau bisa juga dianggap musik tanpa vokal.

Lalu, bagaimana ceritanya karaoke bisa lahir dan bisa populer seantero dunia? Ceritanya konon karaoke ini semula dikarenakan absennya sang gitaris di sebuah Bar di Kobe (sekitar tahun 1971). Untuk menyiasati ketidakhadiran gitaris tersebut, pemilik bar berinisiatif memutar musik tanpa vokal dari kaset untuk di iringi sang penyanyi.

Selain itu, karaoke ini juga timbul dari tradisi atau kebiasaan dari masyarakat jepang sendiri yang suka mengiringi seseorang yang bernyanyi dengan cara bertepuk tangan secara bersama-sama.

Mengapa karaoke bisa populer seperti sekarang? Sebenarnya hal ini tidak terlepas dari negara Jepang sendiri. Seperti kita ketahui Jepang merupakan negara yang sangat disegani di seluruh dunia, terutama dalam hal teknologi. Apalagi karaoke ini merupakan trend dari Kansai. Sekedar diketahui segala sesuatu yang berhubungan dengan Kansai di masa lalu adalah sesuatu yang keren dan hebat.  Maka tak heran, karaoke menjadi trend di Jepang dan ujung-ujungnya menjadi populer juga di seluruh penjuru dunia.

karaoke-bar-kobe
Karaoke Box diperkenalkan pertama kali tahun 1984 di Okayama, Jepang

Selain itu, populernya karaoke di seluruh dunia juga dikarenakan karaoke merubah kebiasaan penikmat musik di masa itu. Jika dahulu penikmat musik hanya bisa menikmati lagu dengan mendengarkannya di radio dan menonton televisi, maka dengan karaoke, penikmat musik bisa terlibat aktif dengan lagu tersebut, caranya ya dengan mengeluarkan suara saat musik berdendang tanpa diiringi vokal sang penyanyi.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.