vps murah

Home / Alam

Minggu, 2 Maret 2014 - 06:43 WIB

Sapi-sapi Ini Hidup Dengan Lubang di Perut

Halo juragan… Sulit untuk percaya, namun ini aneh tapi nyata. Demi tujuan mempelajari sistem pencernaan makanan pada sapi, para peneliti di Brasil membedah perut beberapa sapi yang masih hidup dan diberi lubang khusus agar dapat mengontrol sistem pencernaan pada perut sapi. Lubang-lubang itu cukup besar sehingga tangan anda bisa merogoh dan mengobok-obok isi perut sapi.

Teknik Fistula

Nama teknik ini adalah “fistula”, dimana prosedur ini terdiri dari pembedahan saluran pencernaan eksternal dengan lubang terbuka yang terbungkus kulit disekitar lubang. Setelah pembukaan dan penyembuhan lubang perut sapi selesai, lalu tabung silikon dimasukkan dan diberi penutup rapat agar isi perut tidak bisa keluar.

Penelitian semacam ini bukan hal baru, sejak seratus tahun terakhir prosedur seperti ini sudah pernah dilakukan pada hewan kambing, domba dan sebagainya.

Sapi yang mengalami proses ini disebut sapi ber-fistula atau sapi ber-jendela. Hewan-hewan percobaan ini memiliki perilaku fiiologis normal, tanpa rasa sakit atau tidak nyaman serta tidak ada kerugian pada asupan makanan maupun produksi susu, reproduksi, dan rentang umur sama dengan hewan lainnya yang hidup alami.

Bahkan sapi-sapi ini bisa donor cairan rumen, yaitu bisa menyumbangkan cairan pencernaan penting bagi sapi-sapi pasien lainnya. Teknik fistula pada hewan ini sangat penting dalam studi fisiologi dan metabolisme pada hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. [www.embrapa.br]

Share :

Baca Juga

Alam

Cara Berburu Babi Hutan Dari Masa ke Masa

Alam

Ukuran Ledakan Gunung Berapi – The Volcanic Explosivity Index

Alam

Nyamuk Baru Penghuni Terowongan Bawah Tanah

Alam

Mengapa Sapi Selalu Mengunyah Siang Dan Malam?

Alam

Foto-foto Spektakuler Letusan Gunung Sinabung Oktober 2014

Alam

9 Neraka Beppu di Jepang Yang Menakutkan

Alam

Mengapa Hewan Gajah Telinganya Lebar?

Alam

Angin Topan Wutip Melanda Cina, Thailand, Vietnam, 74 Nelayan Hilang