Resolusi Untuk Juragan Cipir

Maksud judul di atas adalah terobosan/gagasan baru yang mungkin cocok untuk blog juragan cipir ini.

Hari semakin hari blog mba Indri semakin ramai dan mudah-mudahan terus berkembang menjadi semakin besar dan saya harap mba Indri sudah mempersiapkan semua itu termasuk dari sisi teknis nya untuk dapat menampung sekian banyak member disini, ya! Anda yang sudah tahu pasti mengerti maksud saya.

Pertama ingin saya sampaikan bahwa peran saya di blog hebat ini selain sebagai penyumbang trafik seperti halnya teman-teman yang lain tapi juga saya akan mengambil peran sebagai pemberi masukan untuk mba Indri dan saya harap teman-teman yang lain juga punya pemikiran yang sama.

Terlepas dari cocok atau tidaknya, di implementasikan atau tidaknya gagasan dari saya itu tidak jadi masalah 🙂 saya tetap senang secara tidak langsung bisa berkontribusi di blog ini.

Kemana Arah Blog Saya?

Ada beberapa gagasan yang terlintas begitu saja di kepala saya untuk blog hebat yang satu ini tapi sebelumnya ada pertanyaan yang tidak perlu dijawab…hehe

Mau dibawa kemana blog ini? Apa target dari blog ini? Menyajikan artikel adsense kah? menyajikan artikel seputar blogging kah? atau menyajikan online diary?

Sama-sama kita tahu bahwa blog mba Indri adalah blog gado-gado sehingga pertanyaan di atas akan gugur dengan sendirinya. Saya tidak tahu pasti mengenai blog mba Indri ini tapi biasanya target blog gado-gado hanya satu, yaitu menjaring trafik sebanyak-banyaknya. betul apa betul?

Tidak ada target khusus terkait artikel apa yang harus disajikan, Informasi apa yang harus disajikan dan ini bisa menjadi kelebihan tapi bisa juga menjadi kekurangan blog gado-gado tergantung dari mana orang melihatnya.

Kita tidak perlu dipusingkan dengan target terkait topik apa yang harus diasajikan, ini adalah sebuah kelebihan. Di sisi lain blog kita akan terlihat seperti kehilangan arah dan tidak tau mau dibawa kemana karena memang tidak ada target khusus selain hanya untuk kepentingan trafik semata, ini adalah kekurangan oleh karena itu mari kita reduksi ataupun manipulasi kekurangan tersebut.

Meskipun blog kita menyandang predikat blog gado-gado setidaknya jadilah blog gado-gado yang berbeda dari blog gado-gado yang lain. Menurut Anda apa yang membedakan antara kue cubit biasa dan kue cubit green tea yang begitu fenomenal itu terutama di kota saya Bandung? 😀 Perbedaannya adalah yang satu gak pake green tea dan yang satu lagi pake!

Sedangkan bahan dasar serta cara membuatnya sama persis tapi kenapa popularitas diantara keduanya berbeda jauh? 😀

Kita bisa kok menjadi beda meskipun cara serta bahan dasar yang kita gunakan sama dengan yang orang lain gunakan dan itulah yang seharusnya kita lakukan sejak awal ketika pertama membangun sebuah blog.

Setidaknya kita sudah menyiapkan konsep serta terobosan jitu untuk blog kita baik itu jangka pendek ataupun jangka panjang. Istilah copy paste akan punah bagi kita sebagai seorang blogger yang unik, boro-boro copy paste artikel wong konsep blog nya aja kita buat sendiri karena memang kita ingin beda dari awal. Apakah kita ingin menodai blog berharga kita dengan tindakan konyol seperti itu?

Gagasan Baru

Dari pada saya terus ngalor ngidul lebih baik langsung ke inti pembahasan. Beberapa gagasan yang saya maksud adalah :

  1. Membuat Kesan Blog Terarah : Bagi Anda yang memiliki blog serupa dengan blog mba Indri bisa saja menerapkan ini. Sehebat-hebatnya manusia, sepintar-pintarnya manusia pasti memiliki satu keahlian saja yang lebih menonjol.Jadi sehebat-hebatnya blog gado-gado tetap harus punya beberapa topik yang di pegang atau ditonjolkan dan sebetulnya ini sudah saya lihat di Juragan Cipir.

    Langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi terhadap topik-topik andalan tersebut. Langkah optimasi bisa berupa pengaturan user interface (UI) dengan menonjolkan topik-topik tersebut di halaman utama, mengarahkan para kontributor untuk lebih banyak menulis artikel di topik-topik tersebut dan topik yang tidak populer bisa kita pegang sendiri jadi pembagian tugas disini sudah sangat jelas dan efektif.

    Yang cukup sulit adalah mengarahkan kontributor karena jangan juga kita terkesan membatasi ataupun mengatur mereka, jadi pintar-pintar kita aja gimana caranya mengarahkan tapi tidak terkesan mengatur/membatasi :D.

    Salah satu cara yang mungkin bisa dicoba adalah menambahkan “Request Post” di blog ini jadi siapapun bisa request artikel disini dan siapapun juga bisa menjawab request tersebut. Ini adalah langkah mengarahkan tapi tidak terkesan mengatur dan juga sisi positifnya adalah apa yang tersaji disini ya memang apa yang dibutuhkan pembaca, efektif dan efisien!

    Blog mana yang sudah menerapkan itu? Saya rasa belum ada jadi ini bisa menjadi “green tea” untuk kue cubit Anda. Untuk “Request Post” ini bisa saja kita membatasi lingkup topik serta jumlah request maksimum per harinya.

    Request Post bisa saja Anda terapkan di blog pribadi (Hanya kita sendiri yang mengelolanya) tapi kita harus benar-benar menguasai topik serta punya banyak waktu luang untuk mampu menjawab tantangan (red: request post) dari para pembaca.

    Tapi jika ini diterapkan di blog mba Indri contohnya maka hal itu akan semakin mungkin dan mudah untuk dilakukan. Banyak kontributor atau teman-teman yang hebat serta menguasai ilmu blogging disini. Dari si “A” sampai si “Z” pasti ada yang mampu menjawab setiap request artikel yang ada, apakah itu si “C”, si “R” atau siapapun itu.

  2. Memperkaya Fitur : Jika kita berbicara mengenai fitur maka kita sedang membicarakan hal yang “tidak terbatas” sehingga saya persempit lagi. Fitur statistik yang mungkin berguna untuk para member disini.Bisa berupa perhitungan jumlah views setiap postingan ataupun bisa saja menambahkan fitur “Like & Unlike” disetiap postingan.Resiko dari data statistic pada sebuah blog berbasis CMS adalah akan menguras resource sehingga tetap perlu dipertimbangkan.

    Dengan menggunakan/menambahkan fitur statistik terutama di wordpress maka kita mengaktifkan fungsi data tracking dan itu akan menambah beban kinerja blog kita.Fitur lain adalah reward untuk para anggota yang memang sudah banyak berjasa entah itu menulis banyak artikel bermanfaat ataupun banyak berkontribusi di forum.

    Reward disini bukan berupa barang nyata ataupun uang tapi berupa badge pada masing-masing akun member ya kalo di kaskus kaya cendol lah!

    Ini terlihat sepele tapi percaya atau tidak ini terbukti meningkatkan gairah/semangat para member untuk lebih banyak lagi berkontribusi di blog kita.

  3. Trending Article : Konsep nya hampir sama dengan “trending topic” di twitter ataupun “hot trhead” di kaskus tapi bisa kita kemas dengan cara sedikit berbeda. Tentunya ini memerlukan pengaturan tata letak di blog kita. Yang paling menarik adalah menampilkan Trending di bagian atas halaman utama tepat dibawah menu/header.Lagi-lagi kita perlu mengaktifkan data tracking jika ingin membuat Trending Artikel. Tentunya trending artikel akan tersaring dengan sendirinya berdasarkan jumlah views.Nah yang saya makusd menyajikannya dengan cara sedikti berbeda adalah jika twitter dan kaskus mengumpulkan data tersebut dalam jangka waktu hari atau per hari maka kita bisa mencoba terlebih dahulu mengumpulkannya per minggu.

    Ini berhubungan dengan berapa jumlah artikel yang terbit di blog kita setiap harinya. Jika blog mampu produksi 10 artikel/hari lalu kita membuat trending of the day dengan jumlah 10 artikel kan jadinya lucu :D. Yaa habis!

    Sehingga bisa kita buat menjadi trending of the week! 10 artikel/hari = 70 artikel/minggu dan ini masuk akal jika kita ingin membuat katakanlah 10 artikel terbaik dari 70 artikel tersebut yang kita kemas menjadi trending of the week dengan jumlah list 10 artikel/minggu!

    Jika produksi semakin meningkat katakanlah 50 artikel/hari maka trending of the week bisa saja kita ubah menjadi trending of the day atau bisa juga menerapkan keduanya. Saya ulangi kembali hal tersebut bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem jika kita menerapkan views counter pada setiap postingan.

Menurut Anda kenapa saya mengungkapkan gagasan ini di depan umum dan kenapa tidak langsung ke mba Indri nya saja yang justru saya pun tau beliau sedang berlibur sekarang ini. Maksud saya sebetulnya gagasan ini berlaku juga untuk siapapun yang punya blog serupa dengan mba Indri atau siapapun yang memungkinkan menerapkan konsep tersebut di blog nya tapi jangan juga dipaksakan jika tidak bisa.

Segitu aja dulu gagasan dari saya yang sok tau ini dan semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Apa gagasan Anda untuk juragancipir? Oo ya selamat sahur dan bagi yang belum bangun, Sahurrrrr,,, Sahuuurrrr,,, Sahuuuurrrr!!!

“Oo ya terakhir, sebagai permulaan saya mau request postingan nih bagi siapapun yang bisa membuatnya saya ucapkan terima kasih dan jika tidak ada pun tidak apa-apa 🙂

Ada yang bisa membuat artikel berupa penjelasan sederhana mengenai “Python” ? Bukan ular yaa tapi yang saya maksud adalah bahasa pemrograman open source yang lebih powerfull dari PHP.

“Python” ini digunakan oleh Google dalam merancang/membuat sistemnya termasuk YouTube dan jika kita belajar bisa saja kita menguasainya karena ini open source dan kodenya bisa di download secara bebas. Selain Google, Mozilla juga menggunakan “Python” dalam membuat software browser nya.

Jika kita mampu menguasainya maka kita bisa membangun sebuah website yang powerfull, aman dan ringan dengan kode yang lebih sederhana dibandingkan PHP”

Bagikan:
18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.