Prof. Dr. Insinyur Samaun Samadikun Tampil di Google Doodle Hari Ini

Prof.Dr. Samaun Samadikun, seorang Insyinyur dan Ilmuwan Indonesia, hari ini menghiasi beranda Google Doodle, yang mana hari ini merupakan hari kelahiran beliau (hari ulang tahun ke-85), yaitu tanggal 15 April 2016. Beliau lahir pada 15 April 1931 dan wafat pada 15 November 2006.

Baca juga Carlos Juan Finlay, Sang Pelopor Penelitian Demam Kuning.

samaun-samadikun

Google menciptakan sketsa wajah Samaun Samadikun menggunakan latar belakang seperti travo serta dihiasi kabel-kabel yang melilit. Jika dilihat sekilas maka semua unsur tersebut tampak seperti membentuk tulisan “Google.”

Tahukah Anda? Siapakah sebenarnya Samaun Samadikun yang hari ini dijadikan sebagai logo Google Doodle?

Menurut Wikipedia

Profesor Samaun Samadikun (1931 – 2006). Samaun Samadikun oleh para ilmuwan dikenal sebagai Bapak Mikroelektronika Indonesia. Beliau lahir di Magetan pada tanggal 15 April 1931.

profesor-samaun-samadikun
Prof. Dr. Insinyur Samaun Samadikun

Sepanjang hidupnya, Prof. Dr. Samaun banyak menulis tentang publikasi ilmiah nasional maupun internasional dalam bidang tunnel diodes, instrumentasi nuklir, fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan serta editor buku “Mikroelektronika”.

Pada tahun 1984, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menghadiahkan penghargaan Adhikara Rekayasa atas jasa-jasanya dalam bidang ilmu pengetahuan. Prof. Samaun juga mendapatkan penghargaan medali Pengabdi Ilmiah Nasional (1978), dan Medali Mahaputra Utama (1994) dari pemerintah Indonesia.

Pada tingkat internasional, Prof. Samaun Samadikun memperoleh “The 1998 Award of the Association of South Eastern Asian Nations (ASEAN)” untuk menghargai dedikasinya dalam bidang ilmu pengetahuan.

profesor-samaun-samadikun
Prof. Dr. Inyinyur Samaun Samadikun

Penghargaan tinggi lainnya yang pernah ia terima adalah Satya Lencana Karya Satya Kelas I, Hadiah Ilmu Pengetahuan 1979, Satya Lencana Dwidyasistha 1983 dari Menhankam / Pangab ketika itu, dan “Meritorious Service Award“, ASEAN COST 1999.

Prof. Dr. Samaun Samadikun wafat di Jakarta pada tanggal 15 November 2006 pada umur yang ke-75 tahun. Jangan lupa ketahui juga Pengertian Dan Sejarah Lahirnya Google Doodle.

Bagikan:
17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.