PRAJURIT ADALAH

Gambar Prajurit, Foto: iblo.us

Prajutit memiliki dua definisi, pertama adalah prajurit secara umun dan kedua adalah prajurit dalam TNI.

1. Prajurit adalah anggota angkatan perang atau angkatan bersenjata suatu negara yang tidak memandang pangkat dan jabatan. Mulai dari pangkat terendah hingga pangkat tertinggi semuanya disebut prajurit. Prajurit merupakan orang yang memiliki keahlian dalam berperang dan mempertahankan keamanan suatu negara. Prajurit juga disebut Tentara dan berstatus Militer.

Prajurit yang berjumlah banyak atau sekumpulan prajurit, baik sebagian maupun secara menyeluruh disebut pasukan. Pasukan beranggotakan prajurit.

Misalnya, pasukan majapahit beranggotakan prajurit majapahit, pasukan singhasari beranggotakan prajurit singhasari, pasukan TNI beranggotakan prajurit TNI, dan sebagainya. Julukan prajurit hanya diberikan kepada anggota angkatan perang atau angkatan bersenjata. Walaupun beberapa dari mereka tidak bersenjata dan tidak pernah berperang, mereka tetap disebut sebagai prajurit.

2. Prajurit adalah sebuah nama pangkat terendah di jajaran TNI angkatan darat dan udara. Pangkat prajurit ini yang digolongkan dalam kesatuan Tamtama. Tamtama ini berisi tiga tingkatan pangkat, yaitu Prajurit Dua (PRADA), Prajurit Satu (PRATU) dan Prajurit Kepala (PRAKA).

READ  KLEPON ADALAH

Prajurit Dua diberi tanda pangkat berupa satu balok lurus mendatar warna merah di bagian lengan baju dan merupakan pangkat terendah di TNI.

Prajurit Satu diberi tanda pangkat berupa dua balok lurus mendatar warna merah di bagian lengan baju dan merupakan pangkat yang lebih tinggi satu tingkat di atasnya Prajurit Satu.

Prajurit Kepala diberi tanda pangkat berupa tiga balok lurus mendatar warna merah di bagian lengan baju dan merupakan pangkat yang lebih tinggi satu tingkat di atasnya Prajurit Dua.

Tingkatan pangkat dalam prajurit TNI ini dikelompokkan dalam tiga kesatuan, pertama adalah Tamtama yang merupakan kesatuan pangkat terendah. Kedua adalah Bintara yang merupakan kesatuan pangkat menengah. Ketiga adalah Perwira yang merupakan kesatuan pangkat tertinggi.

READ  SEO ADALAH

Kesatuan Perwira ini dibagi lagi dalam tiga tingkatan, yaitu Perwira Muda (PAMA), Perwira Menengah (PAMEN) dan Perwira Tinggi (PATI).

Setiap kesatuan pangkat dalam TNI berisi macam-macam pangkat, pangkat terendah adalah Prajurit Dua (PRADA) yang berada di kesatuan Tamtama dan pangkat tertinggi adalah Jenderal yang berada di kesatuan Perwira dengan tanda pangkat bintang empat warna kuning dipundaknya.

Semua angggota TNI baik angkatan darat, angkatan laut maupun angkatan udara mulai dari pangkat terendah hingga pangkat tertinggi disebut Prajurit atau Tentara.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *