Pohon Plum Kasuari Dengan Buah Beracun Mematikan

Halo juragan… Plum kasuari (Cerbera floribunda) atau dalam bahasa Inggris disebut “cassowary plum” adalah pohon kecil yang menghasilkan buah yang sangat beracun bagi hampir setiap hewan, termasuk juga bagi manusia. Plum kasuari berasal dari pulau Papua dan wilayah hutan hujan tropis Queensland Utara di Australia.

daintree-rainforest-tours.com

Hanya ada satu makhluk yang bisa makan buah plum kasuari, dan karena anda mungkin bisa menebak siapakah makhluk itu, dialah burung kasuari, seekor burung besar yang bisa terbang.

listverse.com

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, biji plum kasuari berada di dalam daging buah yang ikut termakan dan kemudian keluar lagi setelah melewati saluran pencernaan burung kasuari tanpa membahayakan.

Biji tersebut bisa tumbuh lagi karena berkat sistem pencernaan yang sangat singkat dan cepat pada burung kasuari. Selain itu, enzim yang dimiliki oleh burung kasuari membuat kebal toksisitas biji sehingga bisa tumbuh lagi.

Ada binatang pengerat kecil lain yang juga bisa makan buah plum kasuari, namun bijinya juga ikut dimakan sehingga hal ini tidak membantu penyebaran pohon itu.

Sayangnya, burung kasuari dan plum kasuari keduanya kini berada dalam bahaya punah jika perubahan tidak segera dilakukan terhadap kelestarian habitatnya.

Bagikan:
22 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.