vps murah

Home / Alam

Senin, 7 Oktober 2013 - 07:11 WIB

Platybelodon, Gajah Purba Hidup 20 Juta Tahun Yang Lalu

Halo juragan… Gajah prasejarah dengan nama latin platybelodon ini pernah hidup di antara 8 juta dan 20 juta tahun yang lalu. Hewan purba ini memiliki sendok raksasa yang bukan berbentuk batang, tetapi dirancang seperti “sabit” yang digunakan untuk memotong makanan.

Seekor gajah purba memiliki dua gading berbentuk sabit yang mampu digunakan untuk memotong vegetasi sayuran purba dengan tangguh. Rahang aneh Platybelodon ini sengaja dibangun agar bisa mendapatkan makanan mereka.

“Prehistoric elephant” ini awalnya diyakini sebagai binatang besar yang hidup air, dimana mereka menggunakan gigi seri sebagai sekop untuk menggali makanan di rawa. Ada contoh fosil platybelodon yang mereka menghabiskan banyak waktunya di sekitar air.

READ  Keindahan Alam Kawah Ngorogoro di Tanzania

Tapi penyelidikan lebih lanjut ke gading fosil telah mengubah pikiran para ilmuwan.

Menurut seorang paleontologi vertebrata William Sanders dari University of Michigan, analisis terbaru dari permukaan gading menunjukkan bahwa gading platybelodon digunakan sebagai sabit untuk memotong vegetasi yang sulit. Alur dari gading mereka menunjukkan kekuatan rancang bangun dan ketahanan terhadap abrasi.

Platybelodon hidup di antara 8 juta dan 20 juta tahun yang lalu, di sebuah tempat yang sekarang disebut Afrika, Eropa, Asia dan Amerika Utara. Mereka sukses dan berkembang pada saat itu, tapi kemudian mereka punah selama zaman Epoch Miosen.

Seperti gajah modern, platybelodon diyakini tangguh meraih makanan vegetasi dengan belalainya lalu diiris dengan taringnya yang luar biasa. Platybelodon sedikit lebih kecil dari gajah Afrika dan seperti keturunan mereka tidak memiliki predator karena ukuran mereka yang besar. [Daily Mail]

Share :

Baca Juga

Alam

Keindahan Pantai Dua Belas Rasul di Australia

Alam

Buah Labu Terberat Dan Terbesar di Dunia 2014

Alam

5 Formasi Batu Alam Kuno Menakjubkan di Kepulauan Skotlandia

Alam

The Ledge, Kotak di Atas Menara Menakutkan dan Mengagumkan

Alam

Pantai Selatan Balekambang Media Para Photographer

Alam

Taman Bunga Terindah di Dunia di Hokkaido

Alam

Ada Gunung Tertinggi di Dunia Bernama Mount Everest

Alam

Bandara Bahaya Juancho E. Yrausquin Airport Pulau Saba Karibia