vps murah

Home / Travel

Senin, 17 November 2014 - 09:12 WIB

Pesona Air Terjun Grojogan Sewu di Pujon, Malang, Jawa Timur

Pada suatu hari minggu yang cerah saya berkunjung bersama keluarga ke rumah saudara yang terletak di kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Perjalanan dari rumah saya menuju kota Malang sejauh 80 km, lalu dari kota Malang menuju Pujon sepanjang 35 km. Wow !! benar-benar sebuah perjalanan yang melelahkan.

Ketika dari Malang menuju Pujon, perjalanan melewati jalan yang berliku-liku serta naik turun yang melintas di atas tebing pegunungan di wilayah Malang. Suhu udara sangat dingin ditambah lagi kondisi alam yang benar-benar ekstrim, namun ternyata hal ini menjadi sebuah perjalanan yang sangat berkesan dan menyenangkan

Ketika dalam perjalanan, tanpa sengaja saya melihat pemandangan air terjun yang tampak dari pinggir jalan, lantas naluri blogger saya langsung muncul. Tanpa ba bi bu, saya mengajak anggota keluarga untuk berhenti sejenak menyaksikan air terjun indah tersebut, dan ternyata air terjun tersebut bernama Air Terjun Grojogan Sewu.

Sebagai seorang blogger, tentu saja saya langsung mencabut kamera untuk mengambil gambar serta ngobrol singkat dengan warga untuk mencari beberapa informasi seperlunya.

Air Terjun Grojogan Sewu adalah sebuah air terjun alam yang terletak di desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 35 km di sebelah barat Kota Malang. Air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini mulai dibangun oleh pemerintah daerah setempat sejak beberapa tahun yang lalu, namun bangunan pendopo untuk pengunjung menyaksikan air terjun ini baru dibangun sejak awal 2013.

Untuk menuju lokasi air terjun yang jaraknya sekitar 300 meter dari jalan raya Malang – Pujon, pengunjung harus menyeberangi jembatan cantik sepanjang sekitar 30 meter di atas sungai.

Setelah itu pengunjung menyusuri jalan setapak berupa trotoar yang dibangun oleh pihak pengelola air terjun. Disamping kiri terdapat tebing yang menjulang tinggi dan di samping kanan terhampar sawah penduduk yang diapit antara tebing dan sungai kecil yang berasal dari mata air Grojogan Sewu..

Pada saat saya kesana, Mei 2013, prasarana di sekitar air terjun masih dalam pembangunan sehingga terlihat belum tertata dan masih kotor. Bangunan ini masih tampak baru dan belum selesai penggarapannya.

Tidak ada seorangpun yang berjualan makanan disini karena pengunjung relatif sepi. Untuk melepas dahaga, pengunjung bisa duduk-duduk di bangunan yang terletak di depan air terjun.

Air terjun Grojokan Sewu ini mengalir ke arah barat dan menciptakan sungai kecil yang mengalir di sepanjang tepian jalan raya Malang – Pujon.

Ketika anda melintas di sepanjang jalan di Pujon, anda pasti akan menemukan berbagai pesona alam yang menarik maupun hal-hal mengesankan lainnya, seperti Pesona Pasar Pemandian Dewi Sri di Atas Kahyangan. Saya juga menyempatkan diri mampir ke pasar unik tersebut ketika sedang acara “Tour de Malang” bersama keluarga.

Satu-satunya warung makanan yang bisa kita temukan di dekat air terjun adalah warung kopi dan gorengan yang terletak di samping jembatan pintu masuk menuju air terjun Grojogan Sewu. Pengunjung bisa memarkir kendaraan mereka di depan Sekolah Dasar Bendosari yang terletak di seberang jalan, lalu anda bisa makan bakso serta minum kopi di warung pinggir jembatan.

Air Terjun Grojogan Sewu di Kecamatan Pujon sebenarnya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik, namun sayangnya belum dikelola secara maksimal sehingga pengunjung tidak begitu ramai. Semoga kedepannya semakin bagus dan menjadi salah satu daya tarik wisata di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Malang.

READ  Mengajari Anak Berenang di Kolam Renang Karangkates

^^ Jangan lupa baca juga Air Terjun Way Lalaan di Lampung.

Share :

Baca Juga

Travel

Perjalanan ke Ngantang Benar-benar Menantang

Travel

Zona Bahaya di Dam Lahor Karangkates, Malang

Travel

Harga Makanan dan Minuman di Tempat Wisata Jatim Park 2

Travel

Flying Fox di Pantai Selatan Balekambang

Surat Pembaca

Air Terjun Way Lalaan Lampung

Travel

Nonton Perayaan Leang-Leong di Arjowilangun Yuk !

Travel

Panorama Wisata Pantai Selatan Ngliyep

Travel

Mengajari Anak Berenang di Kolam Renang Karangkates