Persiapan Sebelum Edit Foto

Mengedit foto sering kita lakukan sebelum kita tempelkan kedalam artikel yang nantinya akan kita publish pada blog yang kita kelola. Hmm itu sih yang biasa Saya lakukan setiap kali ingin membuat artikel. Foto atau gambar sangat penting adanya bagi artikel kita, tanpa adanya foto maka artikel kita jadi kurang menarik seperti yang pernah dibahas oleh Mba Indri pada artikel “Postingan Tanpa Gambar Kurang Menarik Minat Pembaca“.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyertakan gambar kedalam artikel yang kita publish. Tentunya foto/gambar tersebut bisa menggambarkan isi dari pembahasan kita.

computer-768608_640

Dibawah ini ada beberapa persiapan yang biasa Saya lakukan sebelum melakukan pengeditan, yaitu:

  1. Niat
    Persiapan yang pertama kali harus kita miliki adalah NIAT. Bukan hanya mengedit foto, melakukan apapun kegiatan sehari-hari kita harus memiliki niat. Sebelum melakukan aktivitas, niatkan didalam hati kita untuk melakukan aktivitas tersebut, jika tidak apa yang akan kita lakukan tidak terlaksana sampai selesai.
  2. Komputer
    Mengedit foto tentu memerlukan media yakni komputer. Selain komputer kita juga bisa menggunakan yang lainnya seperti Laptop/Notebook, Netbook, Smartphone. Kalau tidak punya, bagaimana kita bisa mengedit foto? Karena foto merupakan file digital yang bisa di proses mengguanakn komputer.
  3. Aplikasi
    Niat sudah ada, komputer telah disiapkan, selanjutnya adalah menentukan Aplikasi. Seperti yang telah kita ketahui, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto, seperti Photoshop, Photoscape, Photosine, GIMP, ImageForge, PhotoFiltre dan lain sebagainya. Tentukan Aplikasi sesuai dengan kenyamanan kita saat mengoperasikannya.
  4. Ilmu
    Ini juga penting untuk kita ketahui, dengan adanya ilmu kita bisa dengan mudah mengoperasikan sebuah aplikasi Editor fotl. Percuma jika kita memiliki Aplikasi yang bagus tapi tidak didukung dengan ilmu yang kita miliki. Ada banyak kok ilmu yang tersebar di internet maupun di Gramedia.
  5. Kopi Hangat
    Nah ini dia yang menjadikan kita nyaman didalam beraktivitas di depan komputer. Mengedit foto adalah pekerjaan yang menyenangkan, apalagi jika kita seorang editor yang berkerja dibagian edit-edit foto seperti percetakan, photografi dan lain sebagainya. Secangkir kopi atau teh hangat mampu kembalikan mood kita ketika melakukan aktivitas didepan komputer.

Nah, diatas adalah persiapan melakukan edit foto yang biasa Saya lakukan setiap hari. Saya rasa langkah diatas tidak hanya dilakukan untuk mengedit foto saja deh… mau melakukan apapun yang berhubungan dengan komputer ya harus melakukan hal tersebut diatas. Yaa namanya juga berbagi, Saya hanya menyampaikan apa yang Saya lakukan, dan berharap Semoga Bermanfaat..!!!

Penulis : Rahman Batopie

Bagikan:
11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.