Perlunya Mengkompres Gambar Untuk Menghemat Space Hosting

Halo sahabat setia blog juragan cipir… Seorang blogger harus bisa belajar berhemat, terutama blogger yang menggunakan self hosting. Mengapa harus berhemat? Karena jika tidak berhemat maka space hosting kita akan cepat penuh.

Saya sendiri hari ini mulai belajar berhemat setelah mendapatkan pembelajaran dari seorang Master alias Blogger Senior sahabat kita yaitu Bapak Endang Kusmana pemilik blog www.endangkusman.com. Alhamdulillah betapa beruntungnya saya ada seorang sahabat senior yang mau mengajari ilmunya sedikit-demi sedikit kepada saya.

Perlunya Mengkompres Gambar Untuk Menghemat Space Hosting

Bahkan banyak teman-teman seangkatan saya yang juga sering menyampaikan saran jika melihat kesalahan atau kekurangan di blog ini, sehingga saya klangsung memperbaikinya secepat mungkin. Hal-hal semacam itu merupakan rejeki tersendiri berupa ilmu yang diselipkan oleh Allah SWT kepada kita melalui saran teman maupun pembaca.

Sebelum menggunakan self hosting, saya tidak pernah berpikir berhemat dengan cara mengkompres gambar untuk memperkecil size nya. maklum pada waktu itu saya menggunakan hosting gratis milik google alias blog blogger/blospot, dimana google memberikan jatah hosting gratis kepada kita sebesar 15 GB dan itu tidak akan habis untuk kita gunakan ngeblog selama 10 tahun lebih.

Untuk mengetahui berapa jatah hosting anda yang hari ini masih tersisa, silakan teman-teman baca Tahukah Anda Berapa Jatah Hosting Gratis Anda di Google?

Sejak menggunakan self hosting saya merasakan betapa borosnya penggunaan space hosting saya. Untuk seribu artikel plus gambar saya memerlukan space 1 GB, dan hari ini saya menambahknya lagi 1 GB sehingga total menjadi 2GB untuk persediaan update artikel selama 2015.

Bahkan hosting 2 GB ini saya perkirakan akan penuh 6 bulan lagi, tidak sampai akhir tahun 2015. Dan itu dikarenakan saya suka upload banyak gambar dipostingan, karena bagaimanapun juga gambar merupakan bagian dari teknik seo dan optimasi adsense.

Berarti pertengahan tahun 2015 saya harus upgrade hosting lagi tentunya, dan itu merupakan upgrade kedua kalinya di tahun ini karena minggu lalu saya telah mengupgrade paket hosting ini menjadi 2 GB. Kalau begini terus bisa tekor deh lama-lama hehehe 😀

Perlunya Mengkompres Gambar Untuk Menghemat Space Hosting

Tapi tidak apalah, itu sudah menjadi beban tanggungjawab saya sebagai pengguna self hosting. Toh blog ini juga bisa membiayai kepentingan hostingnya sendiri.

Menemukan solusi jitu

Ketika saya sedang memikirkan persiapan upgrade hosting untuk pertengahan tahun, ternyata saya mendapatkan solusi ampuh dari Bapak Endang Kusmana tentang cara menghemat space hosting, yaitu dengan mengkompres gambar menggunakan alat photoshop.

Sebelum kita upload, gambar kita kecilkan dulu ukuran panjang lebarnya sesuai dengan standar gambar di blog kita, dan itu sudah saya lakukan sejak saya menggunakan hosting blogger dulu, yaitu lebar 550px dan tinggi mengikutinya secara otomatis.

Namun cara itu tidak cukup untuk menghemat space hosting. Ternyata kita harus mengkompresnya lagi agar size gambar menjadi lebih kecil hingga 4 kali lipat dari aslinya, tetapi ukuran gambar tetap tidak berubah serta resolusinya tetap tinggi (high) sehingga gambar tetap bagus.

Jika anda ingin tahu tentang bagaimana cara mengkompres gambar yang baik dan benar untuk bahan postingan, silakan teman-teman baca sendiri di blognya pak Endang Cara Edit Gambar untuk Posting Blog.

Nah, setelah saya mengkompres gambar dengan cara tersebut, tentu saja penyempitan space hosting akibat rutinitas update artikel saya bisa lebih di perhemat. Saya bisa memposting banyak gambar tanpa khawatir space hosting cepat habis. Perbandingannya adalah 1:3, jadi jika anda memasang 3 gambar yang dikompres sama dengan memasang 1 gambar yang tanpa kompres. Lumayan bukan?

Perlunya Mengkompres Gambar Untuk Menghemat Space Hosting

Bukan hanya sekedar lumayan. Jatah hosting yang harusnya habis untuk menulis 1.000 artikel ternyata bisa kita gunakan untuk menulis lebih dari 3.000 artikel jika gambar kita kompres lebih dulu. Apalagi gambar cewek cantik seperti di atas ini harus diupload agar bisa menghibur anda, dan saya yakin anda senang melihatnya 😀

Sedangkan bagi gambar-gambar lain yang telah terlanjur terupload di blog, kita tidak bisa mengkompresnya lagi dan biarlah hal itu jangan disesali. Anggaplah itu sebagai hadiah bagi blogger yang tidak mau belajar berrhemat seperti saya hehehe 😀

Tapi alhamdulillah, sekarang saya bisa menekan biaya hosting hingga 3 kali lipat dari sebelumnya hanya dengan mengkompres gambar saja. Seperti kita tahu, gambar sangat memakan ruangan besar di hosting kita, sedangkan artikel teks hanyalah sedikit sekali ruang hosting yang digunakan.

Tidak ada kata lain yang bisa saya ucapkan kecuali hanya terima kasih kepada pak Endang Kusmana dan juga terima kasih kepada para pembaca tercinta blog juragan cipir. Salam sukses buat teman-teman semuanya.

Jangan lupa simak juga Berbicara Tentang Memilih Web Hosting.

Bagikan:
44 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.