Perlu Gak Sih Kita Belajar Photoshop?

Sebelumnya Saya minta maaf nih, Saya mau nulis di blog juragan cipir tapi Saya sendiri bingung mau nulis apa. Dari beberapa hari terakhir artikel yang dipublish pada blog ini Saya perhatikan pembahasannya rata-rata mengenai SEO, Saya sendiri juga kurang memahami apa itu SEO jadi Saya bingung mau nulis apa. Karena Saya mengelola blog niche tentang Photoshop, maka Saya berusaha share kepada teman-teman artikel tentang Photoshop. Eeeh ternyata Mba Indri juga pernah mempublish artikel tentang Photoshop hehe berarti Saya tidak sendiri :).

Photoshop-cc-2014

Okey… kali ini Saya akan membahas tentang Photoshop, yang pastinya bukan tutorial Photoshop melainkan pembahasannya saja, kalau mau belajar Photoshop mampir ke blog Saya aja :).

Ada sebuah pertanyaan nih yang perlu kita jawab, “Perlu gak sih kita belajar Photoshop?”

Photoshop seperti yang kita ketahui adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi editor foto yang beredar dimasyarakat dan aplikasi ini menjadi aplikasi yang sangat digemari oleh pecinta desain grafis. Sebenarnya sih tergantung kita, kita membutuhkan Photoshop atau tidak. Jika kita bekerja di bidang percetakan maka wajib kita belajar Photoshop, tapi jika kita bekerja dibidang perdagangan maka ilmu Photoshop Saya rasa tidak diperlukan.

Memangnya apa saja sih yang bisa dilakukan oleh Photoshop?Β Ada banyak hal yang bisa kita kreasikan dengan Photoshop tergantung kita sebagai usernya. dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan aplikasi Photoshop diantaranya:

  • Kita bisa memberikan efek kedalam foto seperti efek blur, mozaik, sepia, retro dan lain sebagainya.
  • Menciptakan kreasi teks dengan berbagai bentuk sesuai dengan yang kita inginkan.
  • Mendesain undangan, ini biasa dilakukan oleh pengguna Photoshop yang berkerja dibidang percetakan seperti cetak undangan, sablon, spanduk dan lain sebagainya.
  • Memperbaiki foto, dengan Photoshop kita bisa memperbaiki foto yang tadinya kurang menarik bisa kita ubah menjadi foto yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Memanipulasi foto dengan Photoshop adalah ahlinya, sudah banyak foto hasil manipulasi Photoshop yang bisa kita lihat dari internet yang luar biasa.
  • Membuat logo, dengan Photoshop kita bisa menciptakan logo seperti pengalaman Saya pribadi pernah membuat logo untuk kegiatan perlombaan SMP dan SMA seprovinsi.

Nah untuk kita para blogger, Photoshop bisa kita gunakan juga seperti:

  • Membuat foto header blog, nah ini wajib menggunakan Photoshop saat kita merancang foto header pada blog kita atau membuat logo blog yang akan menjadi icon blog kita.
  • Membuat Banner, Untuk temen-temen yang ingin memasang iklan pada blog maka untuk membuat gambar iklan atau banner kita bisa menggunakan Photoshop.
  • Membuat watermark pada foto yang kita publish didalam artikel kita. Biasanya kita memasang watermark pada foto yang kita ambil sendiri atau foto hasil jepretan kita lalu kita publish kedalam artikel.

Demikianlah hal-hal yang harus kita ketahui tentang Photoshop, point diatas adalah berdasarkan pengalaman Saya. Untuk menjawab pertanyaan “Perlu gak sih kita belajar Photoshop?” Saya rasa temen-temen bisa menjawabnya sendiri :).

Semoga Bermanfaat..!!!Β Jangan lupa simak jugaΒ Persiapan Sebelum Edit Foto.

Penulis :Β Rahman Batopie

Bagikan:
30 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.