Perbedaan Subdomain .blogspot.com dengan Domain .com

Banyak pemilik bisnis seringkali bertanya-tanya, “Apakah lebih baik membuat website menggunakan platform dengan subdomain gratis seperti blogger.com atau menggunakan domain berbayar?”. Hal ini tergolong wajar dan merupakan proses pertimbangan yang dilakukan oleh mereka yang baru merintis bisnis dan mengalokasikan modal untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk mendigitalisasi tokonya melalui website.

Ada banyak orang yang memilih berinvestasi dengan beli domain seperti TLD seperti .com meskipun harus membayar biaya renewal setiap tahunnya. Kamu harus tahu, jika beli domain di DomaiNesia domain .com ada diskon. Namun tidak sedikit pula yang tetap menggunakan subdomain gratis seperti .blogspot.com meski sebenarnya mampu membeli domain berbayar. 

Hal ini menunjukkan bahwa masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sebelum membahas lebih lanjut perbedaan antara subdomain .blogspot.com dan domain.com, sebaiknya pahami terlebih dulu apa pengertian dari subdomain dan domain.

Mengenal Apa Itu Subdomain

Subdomain merupakan URL unik yang berada di depan domain, yang menempati posisi lebih rendah dalam hierarki Domain Name System (DNS). Domain (seperti google.com) merupakan tingkat teratas dalam hierarki DNS, sedangkan subdomain (seperti images.google.com) dianggap sebagai tingkat ketiga. 

Dengan kata lain, Anda dapat memiliki domain untuk sebuah website tanpa memiliki subdomain. 

Namun, untuk memiliki subdomain, Anda harus memiliki domain. Hierarki DNS ini memungkinkan pengelompokan file atau data dari website secara terpisah. Secara umum, subdomain dianggap sebagai opsi yang kurang menguntungkan dalam upaya optimasi SEO website. 

Dalam konteks pengalaman pengguna, subdomain dapat digunakan untuk memisahkan bagian-bagian tertentu dari website yang memiliki fungsionalitas atau tujuan yang berbeda. 

Misalnya, Anda dapat menggunakan subdomain untuk menghadirkan blog atau toko online yang memiliki tampilan atau fitur yang berbeda. Ini memungkinkan pengguna untuk memiliki pengalaman yang lebih terfokus dan relevan dengan bagian tertentu dari website.

Lalu, Apa Itu Domain?

Domain adalah alamat utama yang digunakan untuk mengakses sebuah website di internet. Umumnya, sebuah domain diawali dengan “www” dan diakhiri dengan ekstensi seperti “.com” atau jenis domain lainnya. Salah satu fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna internet untuk mengakses berbagai website tanpa perlu menghafal alamat IP masing-masing situs. Mengingat domain website jauh lebih mudah diingat daripada alamat IP.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membaca artikel terbaru dari sebuah website, Anda tidak perlu mengetikkan huruf-huruf acak yang merupakan alamat IP (misalnya 121.212.21.12), melainkan cukup menulis www.namadomainanda.co.id. 

Pengguna dapat dengan mudah mengingat alamat website yang ingin mereka kunjungi. Domain memberikan kemudahan dalam mengidentifikasi dan mengakses website secara unik dan mudah diingat.

Perbedaan Subdomain .blogspot.com dengan Domain .com

Walaupun domain dan subdomain terlihat serupa, sebenarnya ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaan antara subdomain .blogspot.com dan domain.dom

  1. Subdomain .blogspot.com tidak terlihat kredibel, apalagi jika digunakan untuk jual beli online. Berbeda dengan branding sebuah website jual beli online yang menggunakan domain .com yang lebih mudah dihafalkan dan lebih memiliki nilai jual. Kemudahan ini juga berpotensi membuat pelanggan toko online Anda kembali lagi tanpa harus mencari website melalui kata kunci tertentu di mesin pencarian.
  2. Untuk memperoleh sebuah domain website, biasanya Anda harus membayar biaya langganan tertentu. Subdomain biasanya tersedia secara gratis tanpa biaya tambahan. Walau begitu, Anda tetap bisa mendapatkan berbagai jenis domain dengan biaya terjangkau yang diperbarui setiap tahunnya.
  3. Subdomain dapat berpengaruh pada SEO karena subdomain dianggap sebagai website terpisah. Namun, yang masuk dalam peringkat pencarian di halaman hasil pencarian mesin telusur (SERP – Search Engine Result Page) adalah domain, bukan subdomain. Terlebih jika Anda menggunakan platform hosting berbayar dengan berbagai fitur plugin seperti Yoast SEO untuk memudahkan optimasi website.

Kesimpulan

Subdomain memberikan fleksibilitas dalam menyajikan pengalaman pengguna yang berbeda dan memungkinkan segmentasi pengguna. Subdomain .blogspot.com memiliki beberapa kekurangan dalam hal optimasi SEO, sehingga Anda bisa berinvestasi pada domain .com untuk kebutuhan branding website dan optimasi yang lebih kuat. Manfaatkan domain dan gratis SSL dari pembelian hosting di DomaiNesia untuk memaksimalkan potensi tersebut.

READ  Forum Ads ID Adsense Juga Ada di Blog Juragan Cipir
Gambar Gravatar
Profesional AuthorShip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *