Penyebab Utama Trafik Blog Anda Turun

Halo juragan… Kali ini saya akan sedikit mengulas penyebab lalulintas kunjungan di blog kita turun. Pada umumnya penyebab trafik blog turun dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti update algoritma google, meningkatnya persaingan di search engine, blog anda terdeteksi spam oleh google, dan juga berbagai permasalahan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat seperti yang telah saya tulis pada posting sebelumnya yang berjudul Trafik Blog Turun Naik Seperti Pasar.

Pengunjung internet adalah masyarakat dan peran mereka tentunya sangat berpengaruh terhadap trafik blog anda.

Namun ada satu penyebab utama yang jarang kita sadari yang membuat trafik blog kita turun. Apakah teknik seo anda kurang? Tidak! Sejak era hummingbird ini blogger tanpa mengantongi ilmu seo bisa tampil di halaman pertama google, dan jago SEO bisa tenggelam di SERP google. Untuk saat ini kita jangan mengandalkan SEO saja, itu sama dengan konyol. Tapi utamakan artikel orisinil dan berkualitas serta frekuensi update yang stabil dan terjadwal. Itu saja.

Jadi apa penyebab utama trafik blog turun? 
Penyebabnya adalah karena anda kalah dalam berkompetisi menciptakan artikel baru di internet.

Anda bukan berarti malas update artikel baru. Anda bukan berarti tidak bisa menciptakan artikel orisinil. Kerja keras kita selama ini cukup bagus, tapi sayangnya banyak website lain yang kinerjanya lebih bagus dari kita. Jumlah artikel baru yang anda ciptakan setiap hari kalah banyak dengan artikel baru ciptaan blog lain. Itulah penyebab utama blog kita trafiknya cenderung ingin turun.

Berdasarkan prinsip sukses: Kesuksesan adalah perubahan. Jika update anda bisa ditingkatkan maka trafik anda akan berubah, artinya trafik anda akan naik. Tetapi jika trafik anda tetap segitu saja, maka akan trafiknya akan disalip oleh blog lain yang lebih giat updatenya. Dan akhirnya blog kita akan terusir dari halaman pertama yang dampaknya adalah trafik turun.

Namun ada batasan maksimal jumlah update artikel setiap harinya dan tidak boleh terlalu banyak agar tidak dianggap spam oleh mesin pencari. Batas normal efektif menurut saya adalah 10 artikel unik perhari jika anda ingin bersaing dengan para master di internet. Jaminan 100% blog anda trafiknya akan terus naik dan menjadi juara di google.

Tapi jika kita tidak mampu melakukan update 10 artikel orisinil perhari, maka terimalah trafik blog anda apa adanya dan jangan resah jika trafik blog kita turun karena kalah bersaing dengan website yang lebih giat updatenya. Memang segitulah kemampuan kita.

Sekian pengalaman pribadi yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga 7 Penyebab Trafik Pengunjung/Visitor Blog Turun.

Bagikan:
24 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.