Penyebab Trafik Visitor Blog / Website Sulit Naik

Halo juragan… Akhir-akhir ini menaikkan trafik pengunjung blog sangat sulit sekali jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Selain itu sering terjadi perubahan trafik yang tidak stabil, kalau tidak tetap ya turun. Bahkan malah cenderung turun. Semua blog di internet menderita lalulintas yang labil.Mengapa hal itu bisa terjadi? Padahal kita sudah rajin update artikel segar serta sudah menerapkan teknik SEO (search engine optimization) yang sesuai dengan pedoman mutu webmaster google. Tapi tetap saya trafik pengunjung tetap alot untuk naik, bahkan hanya bisa bertahan pada posisi atau jalan ditempat saja 🙂 .

Jawabannya adalah; Menurut saya hal itu wajar. Karena setiap hari jumlah blog baru di internet terus bertambah, sedangkan halaman SERP pertama di mesin pencari tetap itu-itu saja. Hanya tersedia untuk 10 postingan saja.

Lalu postingan kita ada dimana? Jika anda tidak melihat postingan anda di halaman pertama, berarti dia ngumpet di halaman berikutnya atau sedang antri di belakang. Seperti orang yang sedang antri sembako 🙂 .

Jika anda bisa bertahan melakukan update dengan frekuensi yang rutin, maka artikel anda akan merangkak menuju halaman pertama menggantikan artikel milik blog lain yang ditinggal pergi oleh admin-nya. Karena itu janganlah terlalu lama tidak update, agar artikel anda di SERP tidak didepak oleh blog lain yang empunya rajin update.

Namun, setiap blog pasti pernah mengalami masa lesu yang dikarenakan oleh banyak faktor. Dan untuk kembali segar seperti semula diperlukan waktu yang tidak sebentar. Untuk menurunkan trafik blog mudah, namun untuk mengembalikan trafik naik sangat sulit. Perlu perjuangan ulang.

Kesimpulan; Agar blog anda tidak kecolongan turun trafik, maka usahakan update rutin dengan artikel segar dalam frekuensi yang wajar. Minimal 1 hari 1 artikel, maksimal 5 artikel. Maka angka alexa akan berubah semakin langsing. Update artikel banyak secara bertubi-tubi dalam waktu singkat adalah penyebab utama trafik blog macet atau sulit naik.

Note: Update artikel yang banyak dalam waktu singkat akan lebih mudah daripada update hanya 1 artikel secara rutin setiap hari. Karena itu update artikel yang rutin pasti akan memenangkan posisi di halaman pertama mesin pencari, karena update rutin itu tidak semua orang bisa melakukannya.

Jika angka alexa sudah ramping, maka anda tinggal menikmati hasilnya. Yaitu, meskipun anda update artikel sejelek apapun alias asal-asalan, pasti akan tampil di halaman pertama hasil penelusuran atau halaman pencarian google. Alexa bisa dikatakan langsing jika sudah memasuki angka 500 ribu ke bawah. Jika masih di atas itu, posisi blog anda di SERP google masih lemah dan masih mudah didepak oleh artikel baru milik blog lain yang topiknya sama.

Begitulah. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca 7 Penyebab Trafik Pengunjung/Visitor Blog Turun.

Bagikan:
34 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.