vps murah

Home / Blogger

Sabtu, 22 Februari 2014 - 14:16 WIB

Penyebab Angka Alexa Rank Blog Anda Naik Turun

Halo juragan… Sebelum kita membahas penyebab peringkat angka alexa naik turun mari kita simak dulu pengertian dan peranan alexa rank bagi blog kita secara singkat. Tujuannya agar kita bisa tahu mengapa angka alexa terkadang turun naik.

Alexa adalah sebuah situs web pencatat trafik semua website di internet dengan menggunakan hitungan rumus tertentu dan kemudian memberikan peringkat berupa angka alexa atau biasa disebut “alexa rank” kepada masing-masing website berdasarkan trafik yang dimilikinya.

Jika sebuah blog memiliki trafik tinggi maka Alexa akan memberikan alexa rank ke blog tersebut dengan angka rendah atau sedikit. Itu pertanda bahwa blog tersebut bertrafik tinggi. Semakin tinggi trafik blog maka akan semakin sedikit angka alexanya.

* Nah, sekarang permasalahanya adalah mengapa angka alexa blog kita yang tadinya ramping tapi sekarang kok menjadi banyak alias menggendut dalam bahasa populernya. Saya sudah tidak heran lagi serta tidak ambil pusing tentang masalah angka alexa ini.

Berikut ini 2 penyebab yang pernah saya alami

1. Google sedang memperbarui algoritma pencariannya. Maka angka alexa bisa naik dan bisa turun meskipun kita rajin update maupun kita tidak pernah update sama sekali selama setahun atau lima tahun. Dengan catatan blog kita telah berisi setidaknya 100 artikel, maka angka alexa bisa naik dan bisa turun sendiri meskipun blog tidak pernah kita kelola.

2. Kita mengganti subdomain ke domain tingkat atas atau custom domain (TLD). Jika blog kita memiliki angka alexa yang sangat ramping lalu kita mengubah subdomain ke custom domain TLD, maka angka alexa yang tadinya sudah ramping akan kembali gendut.

READ  Asyiknya Jika Bisa Ikutan Acara Bareng Travel Blogger Keliling Nusantara

Namun dalam kurun beberapa bulan saja angka alexa akan kembali ramping seperti sediakala, tergantung jumlah artikel blog kita. Karena perubahan domain tersebut menggunakan pengalihan 503, artinya pemindahan url lama ke url baru tanpa meninggalkan pengunjung blog kita. Jadi meskipun angka alexa kita puluhan juta namun trafik blog kita tetap tinggi karena pengunjung akan dirujuk dari url lama ke url baru atau custom domain tersebut.

Masa pengalihan ini biasanya memakan waktu lebih dari sebulan bahkan sampai dua bulan, sampai pengalihan 503 benar-benar selesai. Kita bisa melihat data-data masa transisi server atau pengalihan 503 di alat webmaster atau webmaster tools. Selama proses pengalihan belum selesai, angka alexa blog kita akan berangsur-angsur meramping dengan cepat, tidak selambat seperti kita pertama kali membuat blog dulu.

* Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman tentang beberapa contoh kejadian tentang angka alexa yang terjadi pada blog-blog saya yang lain.

( 1 ). Saya punya setidaknya 4 blog dan lebih dari setahun tidak saya urus. Angka alexa mereka pada kisaran 1 juta sampai 5 juta. Tanpa saya sentuh sedikitpun angka alexa kembali turun dengan sendirinya hingga dibawah 1 juta, tanpa pernah saya update.

Padahal dulu ketika sering saya update, semua blog saya tersebut tidak pernah mencapai alexa dibawah 1 juta. Pasti selalu di atas 1 juta.

Tapi mengapa tiba-tiba angka alexa mereka terus menyusut sampai hanya sekitar 800 ribu saja?

Jawabannya adalah: Karena google memperbarui algoritmanya.

Dulu blog-blog saya tersebut dikalahkan oleh blog-blog orang lain yang berisi artikel copasan, tapi sekarang blog-blog saya tersebut tampil di halaman pertama google karena berisi artikel orisinil. Inilah salah satu peranan algoritma google hummingbird dalam mengutamakan artikel orisinil dan menyingkirkan artikel duplikat.

READ  Menulis Artikel di Website Menuju 2000 Postingan

( 2 ). Blog Juragan Cipir ini angka alexanya tadinya hanya 40 ribu. Dan setelah saya ganti dengan custom domain maka angka alexa langsung membengkak menjadi 11 juta, lalu berangsur-angsur menyusut menjadi 70 ribu dalam kurun 1,5 bulan. Pengalihan 503 hampir selesai dan angka alexa telah mencapai 70 ribu.

Namun tiba-tiba hari ini membengkak menjadi 110 ribu lebih.

Apa sebabnya? 

Karena pengalihan 503 belum selesai sepenuhnya.

Tapi jika pengalihan 503 telah tuntas, maka angka alexa akan kembali pulih seperti sediakala dan kerugian waktu selama proses pengalihan 503 tersebut juga akan diganti dengan angka alexa yang lebih ramping dari sebelumnya sesuai dengan hitungan normal seperti tidak pernah diganti dengan custom domain.

Jika blog kita sudah memiliki Pagerank, maka pagerank tersebut akan dikembalikan ke custom domain kita juga meskipun custom domain kita baru berumur 2 bulan.

Mengapa saya tahu?

Karena saya sudah pernah berkali-kali melakukan perubahan custom domain, jadi sekarang saya tidak khawatir akan kehilangan peringkat alexa. Karena peringkat alexa dan pagerank akan dikembalikan seperti semula ke domain baru jika pengalihan 503 sudah benar-benar tuntas.

Sekian dulu pengalaman yang bisa saya bagikan ke teman-teman tentang penyebab angka alexa turun naik dan semoga bermanfaat, amin.

Jangan lupa simak juga keuntungan-keuntungan yang kita dapat jika kita menggunakan domain tingkat atas di blogger yang bisa anda baca di Cara Membangun Website Gratis Bertrafik Tinggi Luar Biasa.

Share :

Baca Juga

Adsense

Kesalahan Memilih Nama Domain Blog Niche Adsense

Adsense

Ibu Guru SD Sukses di Google Adsense Hanya Dengan Buku Harian

Blogger

Hobby Menulis Ternyata Membawa Manfaat

Blogger

Mengapa Banyak Blogger Menyerah Di Tengah Jalan?

Adsense

Mengapa Template Tanpa Auto-Readmore Mudah DiTerima Adsense?

Adsense

Tips Mengelola Website Berisi Konten Buatan Pengguna

Blogger

Artikel SEO Friendly, Berapa Minimal Jumlah Kata di Postingan?

Blogger

Cara Terbaru Mengoptimalkan Blog Era Hummingbird