Pentingnya Menggunakan Google Webmaster Tools Untuk SEO

Dari banyak alat SEO, Google Webmaster Tools adalah salah satu yang paling berguna. Tidak memiliki semua manfaat dari SEO suite komersial dan bukan merupakan alat untuk setiap kebutuhan SEO tetapi menawarkan banyak wawasan SEO yang penting. Semua itu alasan yang bagus untuk mulai menggunakan Google Webamaster Tools (jika Anda belum melakukannya, tentu saja).

 

Apa itu Google Webmaster Tools?

Tidak sulit menebak dari namanya, Google Webmaster Tools adalah seperangkat alat untuk webmaster. Namun, apa yang Anda tidak langsung tahu adalah bahwa ini adalah sebuah toolset yang sangat berguna yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan Google dan menyesuaikan banyak aspek bagaimana Google melihat situs Anda, seperti daftar link eksternal dan internal ke situs Anda, menyesuaikan dengan tingkat jelajah di mana Google bot mengindeks situs Anda, periksa keyword yang diketik pengguna untuk sampai di situs Anda serta CTR untuk setiap keyword, melihat statistik situs Anda dan banyak lagi.

Salah satu isu yang perlu diangkat adalah masalah privasi. Karena Anda memberi Google akses penuh ke statistik situs Anda, Anda mungkin khawatir tentang bagaimana mereka menangani data ini. Meskipun Google adalah sebuah perusahaan terkemuka dan sangat tidak mungkin mereka akan menyalahgunakan data Anda, jika kerahasiaan merupakan keprihatinan utama bagi Anda, berpikir dua kali sebelum membiarkan Google (atau solusi statistik lain) untuk mengetahui rahasia situs Anda.

Jika Anda menggunakan Google Webmaster Tools bersama-sama dengan Google Analytics, hasilnya akan lebih baik. Anda dapat mengakses data Google Webmaster Tools langsung dari Google Analytics, jadi jika Anda sudah menggunakan Google Analytics, dengan sedikit upaya ekstra, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan dengan Google Webmaster Tools juga.

 

Bagaimana Saya Memulai?

Untuk menggunakan Google Webmaster Tools, Anda harus bergabung terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dari sini. Setelah bergabung, Anda harus melakukan proses verifikasi, sehingga Google tahu Anda adalah pemilik sah situs yang Anda ingin gunakan pada Google Webmaster Tools.

Ada beberapa cara untuk memverifikasi kepemilikan. Yang pertama adalah untuk men-download file HTML dan meng-upload ke direktori root dari situs Anda. Satu lagi adalah dengan menambahkan tag HTML ke dalam header halaman home Anda. Jika Anda menggunakan akun Google yang sama untuk Google Analytics, pilihan ketiga untuk memverifikasi kepemilikan adalah melalui Google Analytics. Ada lebih banyak cara untuk memverifikasi kepemilikan tetapi jika Anda tertarik pada mereka, periksa pengaturan Google Webmaster Tools dan Anda akan melihat mereka.

 

Google Webmaster Tools Menggunakan Harian

Setelah Anda memverifikasi kepemilikan Anda dan memiliki kode Google di situs Anda, Anda sekarang dapat mulai menikmati keuntungan dari Google Webmaster Tools. Ketika Anda login ke akun Google Webmaster Tools Anda, hal pertama yang Anda lihat adalah

Dashboard :

Dari sini Anda dapat mengakses semua bagian utama – Search Queries, Link ke Situs Anda, Kesalahan Crawl, Keyword  dan Peta Situs. Mengklik pada salah satu ini akan membuka bagian masing-masing.

 

Search Query

Search Query adalah bagian yang menunjukkan keyword yang menyebabkan pengguna ke situs Anda.

Daftar panjang ini menunjukkan keyword pengguna mencari saat mereka datang ke situs Anda. Lebih baik jika daftar ini sesuai dengan keyword yang Anda optimasikan tetapi sangat sering daftar ini berisi keyword yang baik Anda tidak sadari. Dalam hal ini, memilih keyword yang baik ini dan mulai optimasikan juga.

Pada bagian Search Query, Anda juga dapat melihat jumlah tayangan dan jumlah klik, yang memberi Anda gambaran tentang CTR untuk keyword ini. CTR lebih tinggi berarti keyword relevan, sehingga Anda mungkin ingin berinvestasi dengan melakukan beberapa upaya lebih untuk keyword ini. Namun jika Anda melihat CTR turun, lebih baik Anda jangan menyentuh keyword ini lagi.

Links

Bagian kedua yang sangat berguna Google Webmaster Tools adalah Link ke bagian Situs Anda.

Di sini Anda dapat melihat di mana backlink Anda (internal dan eksternal) berasal dari mana, serta ke halaman mana mereka terhubung. Seperti alat memeriksa link lain, jangan berharap bahwa setiap link tunggal ke situs Anda akan ditampilkan namun demikian, daftar backlink ini berguna untuk memeriksa kapan saja.

Salah satu kegunaan lainnya dari Links adalah untuk membatalkan link ke situs Anda yang Anda anggap berbahaya. Link dari situs yang buruk dapat merusak peringkat Anda, jadi jika Anda ingin menghilangkannya, ikuti petunjuk dalam artikel ini.

 

Kesalahan Jelajah

Kesalahan jelajah (crawl error) adalah bagian yang menunjukkan kesalahan Google bot temui di situs Anda. Data yang Anda dapatkan sama dengan apa yang Anda dapatkan ketika Anda menggunakan Spider Simulator dan itu menunjukkan halaman tidak dapat diakses, halaman yang hilang, kesalahan server  dan segala macam masalah yang mencegah Google dari penjelajahan situs Anda dengan benar. Anda juga mendapatkan beberapa statistik jelajah lain (seperti jumlah halaman jelajah sehari) yang berguna untuk diketahui.

 

Keywords

Demikian pula untuk bagian Search Query yang juga berkaitan dengan keyword (pengguna mengetik untuk mendapatkan situs Anda), Keyword bagian yang menunjukkan keyword. Namun, perbedaannya adalah bahwa di sini Anda melihat keyword apa (dengan kesignifikan mereka) yang Google telah temukan di situs Anda. Dua daftar (jenis keyword pengguna dan keyword Google menemukan di situs Anda) bisa sangat berbeda, berarti Anda tidak mengoptimasikan apa yang pengguna cari.

Keyword juga bagian yang memungkinkan Anda untuk melihat tema situs, yang pasca Panda telah menjadi lebih penting.

Sitemap

Bagian terakhir dapat Anda akses dari Dashboard adalah bagian Sitemaps. Di sini Anda melihat Sitemap dari situs Anda yang Google telah temukan dan jumlah URL di dalamnya. Jika sitemap ditemukan oleh Google berbeda dari apa yang Anda harapkan, Anda bisa mengirimkan sitemap baru ke Google untuk digunakan.

 

Robots.txt dan Lanjutan Lainnya

Bagian yang dijelaskan sejauh ini adalah bagian Google Webmaster Tools dasar. Ada banyak hal canggih dalam masing-masing alat tapi kami tidak akan menjelaskan satu per satu. Misalnya, Anda dapat menggunakan Google Webmaster Tools untuk mengirimkan file robots.txt  atau untuk mengatur sintaks domain pilihan (yaitu dengan atau tanpa www) yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Google Webmaster Tools juga memungkinkan untuk mengetahui apakah situs Anda terinfeksi dengan malware. Jika ya, Anda perlu membersihkannya dahulu dan kemudian kirimkan kembali untuk ditinjau.

Google Webmaster Tools adalah alat yang sangat berharga untuk SEO. Memberi Anda informasi sekilas tentang semua aspek SEO penting dari situs, seperti keyword, link, kesalahan jelajah dan lain-lain Jika Anda belum menggunakannya, luangkan waktu dan pelajari, yakin akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik.

 

sumber: idblog.uptopromo.com

Bagikan:
10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.