Pentingnya Melibatkan Orang Lain Dalam Segala Hal

Halo juragan, Saya mulai menikmati fitur yang disediakan mba Indri di blog ini yaitu “kirim artikel”, karena saya kaskuser yang sudah jarang aktif saya pikir tidak berbeda jauh ketika membuat thread di kaskus dan saya menikmati itu ketika banyak respon positif dari para kaskuser lain tentang thread saya dan itulah yang menjadikannya seru.

Proyeksi saya kedepannya adalah blog ini akan semakin tumbuh besar karena banyak memberikan kenyamanan dengan melibatkan pembaca ikut aktif di sini entah itu menulis artikel ataupun bertanya dan menjawab lewat forum. Masih ingat kenapa sistem Android bisa sukses seperti sekarang ini bahkan mampu menenggelamkan trend ponsel pintar yang sudah ada terlebih dahulu seperti blackberry ataupun iphone.

open source

Sistem Open Source Terbukti Sukses

Jika orang lain mengatakan bahwa kesuksesan android karena banyak fitur keren dan juga harganya yang mampu bersaing mulai dari harga paling murah hingga paling mahal pun tersedia, justru saya melihat ada penyebab lain yang lebih dominan mengapa android bisa sukses seperti sekarang ini.

Menurut pandangan saya android bisa sukses dan banyak diminati karena menerapkan sistem open source dan tidak terikat dengan vendor tertentu. Sistem ini memungkinkan siapapun bisa terlibat di dalamnya sebagai developer (pengembang) tidak terkecuali Anda sendiri! Google sebagai pihak pengembang android memberikan akses khusus bagi siapapun yang ingin ikut terlibat yaitu dengan adanya akses root.

Akses root itu sebetulnya agar kita bisa memberikan kontribusi entah itu dalam pengembangan ataupun penyempurnaan sistem dengan mencari celah ataupun bug pada sistem android. Nyatanya hanya sedikit dari user android yang menggunakan akses root ini secara tepat, banyak user yang menggunakan akses root ini hanya untuk mempercantik, membuka beberapa fitur ataupun hanya sekedar ingin dipandang pintar dalam teknologi 😀

Namun biar bagaimanapun android sudah membuktikan bahwa dengan sistem open source mereka bisa sukses dan hingga saat ini masih mendominasi pasar ponsel pintar di seluruh dunia. Banyak hal yang bisa dibahas mengenai sistem open source tapi kita sudahi dulu karena harus kembali ke topik utama 😀

Kesuksesan Ketika Melibatkan Banyak Orang

Ini semua berdasarkan pandangan saya pribadi jadi bisa saja Anda tidak setuju atapun punya pandangan lain. Saya melihat banyak kesuksesan ketika kita melibatkan banyak orang di dalamnya, beberapa contoh dalam dunia internet dan teknologi adalah Media sosial seperti facebook, twitter dll. Forum seperti kaskus, indowebster dll. Sistem seperti android, wordpress, linux dll. Sudah terlalu banyak contoh yang sebetulnya tidak bisa kita sangkal bahwa ada yang luar biasa dengan sistem open source ini ataupun sistem yang melibatkan banyak orang.

Jika dalam hal blogging, tentunya kita akan merasa bosan ketika hanya menjadi pembaca (silent reader) tanpa ikut aktif di dalamnya, betul tidak? Tidak ada komunikasi ataupun interaksi di dalamnya meskipun disediakan kolom komentar, tugas kita hanyalah membaca artikel dan mendapatkan apa yang kita cari setelah itu pergi!

Apa yang telah saya jelaskan di atas adalah sebagai gambaran dan juga jalan terang bagi Anda yang sudah mulai jenuh dengan kegiatan blogging seperti itu-itu saja. Blogging bagi saya bukan hanya sekedar menyajikan artikel ataupun membuat artikel sebanyak-banyaknya tapi Anda perlu bumbu berupa ide kreatif yang akan menghasilkan konten/fitur unik di dalamnya.

Banyak blogger sukses dengan blog nya yang hanya menyajikan artikel tanpa banyak fitur unik di dalamnya tapi saya percaya bahwa kesuksesan itu diraih dengan kerja keras atau kasarnya kepala jadi kaki, kaki jadi kepala dan ketika Anda mencoba mengikuti jejak blogger tersebut belum tentu Anda meraih kesuksesan yang sama. Tapi ketika Anda hadir dengan menawarkan fitur dan konten unik serta menarik maka porsi kerja keras Anda tidak akan sama dengan blogger tersebut dalam meraih kesuksesan dan justru peluang Anda sukses semakin besar.

Berhentilah Menjadi Peniru

Cobalah membuat blog yang melibatkan banyak orang di dalamnya dan tidak harus berupa forum. Peluang sukses di dunia blogging masih terbuka lebar jika Anda mau mulai berpikir kreatif dan berhenti menjadi peniru orang-orang sukses di bidang yang sama, berhentilah menjadi orang latah. Ketika Anda melihat orang sukses di bidang yang sama pelajarilah bagaimana cara mereka bekerja, tiru lah kerja kerasnya, tiru lah konsistensinya tapi jangan meniru idenya!

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi peniru ide maka secara tidak langsung Anda bersedia bersaing dengan yang Anda tiru dan itu bukan pekerjaan yang mudah, kesuksesan Anda pun tidak akan sama dengan kesuksesan orang yang Anda tiru.

Masih ingat bagaimana dulu facebook didirikan? Sang pendiri saat itu bercita-cita ingin mengubah cara dunia ini berkomunikasi dan mendominasi industri internet. Mark bukannya tidak sadar pada saat itu sudah ada raksasa yang mendominasi industri internet yaitu Google, dia hanya yakin dengan ide kreatif nya dan berani menantang raksasa sekalipun, terbukti facebook sekarang ini tumbuh sebagai raksasa baru di industri internet.

Tulisan ini saya buat untuk memacu Anda dalam berkarya di dunia internet sekaligus memberikan contoh kesuksesan di bidang internet dan teknologi salah satunya dengan melibatkan banyak orang di dalamnya. Itu sebagai gambaran umum dan silahkan Anda kembangkan lagi bagaimana kerangkanya, formatnya dan cara Anda mengemasnya 🙂

Semoga bermanfaat….
InsyaAllah artikel selanjutnya saya akan coba membahas cara riset kata kunci sederhana 🙂

Jangan lupa simak juga Tips Macro Photography Menggunakan Smatphone.

Penulis : Anggriyawan

Bagikan:
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.