Pentingnya Kecepatan Loading Blog

Template blog sering menjadi masalah yang krusial. Bagaimana tidak? Template adalah salah satu faktor terbesar untuk ukuran blog yang didownload. Bagi para pengguna kustom template yang dibuat oleh para pakar template, mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Namun, bagaimana dengan anda yang ingin melakukan modifikasi template sendiri?

Salah satu fakta bahwa pengunjung akan segera meninggalkan blog anda jika lama loading blog lebih dari 4 detik, ya cuma 4 detik! Artinya jika dihitung kecepatan internet rata-rata Indonesia yang kira-kira hanya di kisaran 50 – 100 KBps, maka ukuran template blog maksimum adalah 400 KB.

Tentu saja sasaran utama tulisan ini adalah blogger pemula, karena blogger pemula (Terutama yang baru pertama kali bikin blog) identik dengan penambahan widget dan script berlebihan tanpa memperhatikan nilai tambah. Sebagai contoh, saya sendiri saja, waktu pertama kali membuat blog, saya menambahkan hampir 20 widget dalam 1 blog dan ini membuat guru TIK saya mengeluhkan ukuran blog yang terlalu besar (sekitar 5 MB kalau tidak salah).

Beberapa efek dari template yang berat adalah ketidaknyamanan pengunjung saat mengakses blog. Apalagi jika blog anda memuat informasi yang unik dan informatif yang tidak ada di situs lain, kan kasihan pengunjung sudah keburu ingin tahu, tapi loadingnya tidak selesai-selesai.

Jika blog anda adalah salah satunya, segera ganti template blog anda, sebelum pengunjung lari ke blog lain. Beberapa tool yang terpercaya untuk memeriksa loading blog adalah Google SpeedInsights, GT metrix, dan Google Analytics (real time)

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.