Pentingnya Desain Perencanaan dan RAB Bangunan Rumah

Dambaan untuk memiliki sebuah rumah merupakan idaman setiap insan yang telah memulai kehidupan baru berumah tangga atau keluarga yang belum memiliki rumah. Dengan semakin tingginya harga rumah pada saat ini, maka begitu sulit bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapat memiliki sebuah rumah.

Ada dua pilihan atau cara untuk memiliki sebuah rumah idaman. Cara yang pertama yaitu dengan membeli rumah baru atau seken, baik cara kontan maupun cara kredit. Sedangkan cara kedua yaitu dengan membangun rumah baru pada lahan yang sudah disediakan jauh-jauh hari sebelumnya.

rencana desain rumah modern, arsitektur rumah mewah, desain rumah minimalis

Dengan cara yang pertama harga rumah relatif akan lebih mahal, apa lagi membeli rumah di perumahan yang dikelola developer, sebab harga jual rumah sudah termasuk keuntungan di dalamnya. Sedangkan cara kedua yaitu membangun sendiri, akan lebih murah sebab pengelolaan pelaksanaan pekerjaan membangun dilakukan sendiri, dapat memilih material bangunan sesuai kamampuan dan dapat melakukan efisiensi penggunaan tenaga kerja bangunan.

Untuk pelaksanaan cara kedua, yaitu membangun rumah baru pada lahan yang telah kita sediakan sebelumnya diperlukan persiapan yang baik dan matang agar rumah yang akan kita bangun hasilnya sesuai keinginan, baik tata ruangnya, modelnya, maupun biayanya. Agar hasil pembangunan sesuai dengan keinginan seperti yang saya sebutkan, maka sebelumnya harus dibuatkan gambar desain perencanaan dan RAB bangunan rumah sesuai keinginan dan luas tanah yang kita miliki.

Gambar Desain Perencanaan

Untuk membangun sebuah rumah yang ideal, artistik, tata ruang yang baik, dan memiliki standard rumah sehat, maka kita tidak bisa asal membangun dengan menugaskan sekelompok tukang bangunan, tapi memerlukan sebuah perencanaan yang baik dan benar melalui rancangan gambar desain rumah yang benar-benar sudah memenuhi keinginan.

arsitek desain rumah lengkap, denah rumah minimalis sederhana, rencana rumah mewah kota

Untuk membuat rancangan gambar desain rumah tersebut, desin rumah bisa dibuat sendiri (bagi yang memiliki keahlian), dan menggunakan orang ahli apabila tidak memiliki keahlian bangunan.

Gambar desain perencanaan disebut gambar teknis, gambar rencana, atau gambar pelaksanaan. Gambar tersebut terdiri dari beberapa jenis dan macam gambar yaitu, gambar denah, gambar potongan, gambar tampak, gambar instalasi, gambar 3 Dimensi, dan gambar detail atau gambar penjelasan. Dari gambar-gambar tersebut kita dapat mengetahui model, susunan dan tata tata letak ruangan, serta ukuran-ukuran rumah yang kita rencanakan, dan apabila ada bagian yang kurang cocok dan kurang sesuai dengan selera dan keinginan, maka kita bisa melakukan revisi dan perbaikan.

Gambar perencanaan diperlukan sebagai dasar pembuatan dan penyusunan RAB, penujukan pemborong, dan pedoman pelaksanaan pembangunan.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Rencana Anggaran Biaya atau RAB adalah estimasi dan  perkiraan biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah bangunan termasuk bangunan rumah sesuai dengan gambar rencaca yang telah dibuat. Gambar rencana dan RAB memiliki hubungan yang erat dan saling terkait dan tidak dapat dipisahkan.

Manfaat RAB tidak berbeda dengan gambar perencanaan, yaitu sebagai pedoman dalam menentukan penawaran yang wajar dari pemborong yang mengajukan penawaran, apabila pelaksanaan pekerjaan akan diborongkan (sistem borongan). Dan sebagai tolok ukur penggunaan bahan material dan upah kerja, apabila pelaksanaan pekerjaan pembangunan akan dikelola langsung (sistem kerja harian). Dan secara umum untuk mengetahui total kebutuhan biaya membangun.

Membangun sebuah rumah tidak bisa dilakukan dengan cara asal-asalan tanpa rencana dan RAB. Membangun rumag tanpa perencanaan yang matang dan tanpa perhitungan biaya yang cermat akan mengakibatkan pengeluaran biaya tanpa kendali, tanpa tolok ukur dan pedoman, sehinggan pelaksanaan pembangunan tanpa arah dan tujuan yang pada akhirnya biaya penbangunan akan sangat besar.
Itulah sekilas tentang manfaat dan kegunaan dari gambar desain perencanaan dan RAB rumah. Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan setitik pencerahan mengenai desain dan RAB rumah.

Simak juga Pengalaman Hidup di Kota Sejak Tahun 1976.

author

Penulis : Endang Kusmana
(Terverifikasi)
Address : Taman Pagelaran  Blok C9/30, Kec.Ciomas, Bogor 16610
Pendidikan : S1
Pengalaman Bekerja : PNS, IPB-Bogor, (1978 – 2012)
Kegiatan saat ini : Blogger & Bisnis Online
Website : www.softwarerab.com
Google+ +Endang Kusman

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.