Pengunjung Seluler Mencapai 80% Sejak Algoritma Mobilegeddon

Halo sahabat webmaster… Tahukah anda bahwa saat ini jumlah pengunjung situs anda didominasi oleh pengunjung seluler yang hingga mencapai 80% dari total kunjungan situs. Artinya, jika blog anda dibaca oleh 100 orang, maka 80 orang diantaranya menggunakan perangkat mobile, bukannya menggunakan laptop atau komputer.

Namun perlu kita tahu, TIDAK SEMUA WEBSITE bisa mendapatkan pengunjung seluler lebih besar daripada pengunjung desktop. Hal ini dipengaruhi oleh desain masing-masing situs. Jika website anda di desain dengan mobile friendly, maka jaminan 100% blog anda akan mendapatkan pengunjung seluler jauh lebih banyak daripada pengunjung desktop.

pengunjung-seluler

Hal ini bukan berarti pengunjung desktop berkurang jumlahnya, namun dikarenakan bertambahnya jumlah pengunjung seluler di situs anda. Jika sebelumnya pengunjung seluler tidak menemukan blog anda di mesin pemcari, kini google akan mengarahkan trafik dari pengguna seluler ke situs anda JIKA situs anda di desain dengan mobile friendly alias ramah seluler. Dan hal ini merupakan kebijakan dari algoritma baru google yang disebut MOBILEGEDDON yang merupakan komponen dari algoritma induk Hummingbird. Simak juga Pengoptimalan Website Ramah Seluler Era Mobilegeddon.

Anda pemilik website? Maka anda harus terus mengikuti perkembangan algoritma google jika ingin blog anda bisa senantiasa mengacak-acak halaman pertama google. Bagi blogger pemula, sebaiknya pahami dulu cara kerja algoritma google sebelum anda belajar ilmu seo lainnya agar jurus-jurus seo mutakhir anda tidak sia-sia.

Di bawah ini adalah statistic google analytics yang melaporkan bahwa pengunjung seluler selalu mendominasi trafik pada kisaran 60% hingga 80% dalam setiap detiknya selama 24 jam.

pengguna-seluler

Ini adalah “janji” google bagi pemilik situs yang mau merenovasi desain website nya menjadi multi screen alias multi layar agar ramah seluler. Website ramah seluler dijamin menang trafik daripada website yang tidak ramah seluler.

Publisher adsense cerdas

Jammie Frater adalah publisher adsense yang pertama kali yang diumumkan oleh google sebagai publisher yang sukses dengan multi layar. Sebelumnya, Frater nampaknya menyadari bahwa beberapa tahun kedepan jumlah pengguna internet akan didonimasi oleh pengguna seluler, bukan pengunjung desktop lagi. Karenanya, ia segera merombak websitenya listverse.com dengan desain multi layar ramah seluler. Ternyata Jammie Frater adalah publisher cerdas, tebakannya tepat. Ia benar-benar mendapatkan penghasilan lebih banyak dari pengguna seluler, google pun ternyata kalah cepat.

Simak selengkapnya:

Berikutnya, google baru meluncurkan algoritma mobilegeddon untuk memudahkan pengguna seluler menemukan website yang didesain ramah seluler. Bagi website yang TIDAK ramah seluler, google tidak akan mengarahkan trafik ke website tersebut. Maka pastikan website anda ramah seluler alias mobile friendly agar trafik dari pengunjung seluler membanjir ke blog anda.

Untuk mengetahui apakah website anda mobile friendly atau tidak, silakan periksa disini: Pengujian situs mobile-friendly

Optimasi adsense era mobilegeddon

Apakah anda masih mengoptimalkan penempatan iklan adsense menggunakan cara-cara lama? Jika iya, itu salah besar. Saat ini gunakanlah teknik penempatan dengan “cara baru”, bukan cara lama. Yaitu, prioritaskan iklan adsense tampil lebih terlihat untuk pengguna seluler. Nantinya secara otomatis iklan akan tampil sempurna juga di perangkat desktop.

Seperti yang saya jelaskan di atas, kini jumlah pengunjung seluler dalam posisi diam tanpa bergerak pada ketinggian 60% hingga 80% menduduki situs. Jika anda mengabaikan penampilan iklan untuk mereka, maka anda akan kehilangan uang 80% yang seharusnya masuk ke kantong anda. Namun jika anda mengutamakan pengunjung handphone, maka bukan hal tidak mungkin anda mendapatkan jutaan rupiah perbulan hanya dari dari handphone yang digunakan oleh pembaca situs anda. Perubahan sepele terkadang membawa manfaat besar.

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya sampaikan ke teman-teman tentang trik-trik optimasi seo dan adsense ramah seluler yang sangat jitu, tapi karena artikel ini sudah terlalu panjang dan saya khawatir anda bosan membacanya, maka saya tutup disini dulu dan insyaAllah kita sambung lagi pada artikel berikutnya. Jangan lupa simak juga Profesionalisme Blogger Indonesia, Mau Membayar Penulis Online.

Bagikan:
14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.