Penguin Adélie Hewan Cantik Antartika

Adélie Penguin (Pygoscelis adeliae) – Penguin Adélie hidup di benua Antartika dan pulau-pulau kecil, sekitar pulau-pulau pesisir. Mereka menghabiskan musim dingin di lepas pantai laut yang mengelilingi pack es Antartika.

Penguin Adelie adalah hewan jenis burung, status diet karnivora atau binatang pemakan daging, rentang hidup rata-rata di alam bebas bisa sampai 20 tahun, ukuran tubuh 27,5 inchi  (70 cm), berat 8,5-12 lbs (4 hingga 5,5 kg). Satwa ini hidup dalam kelompok yang disebut koloni.

Tahukah Anda? Dewasa Penguin Adélie telah diketahui suka mencuri batu dari sarang tetangga mereka.

Penguin Adélie suka memakan hewan air kecil, seperti udang dan siput air, tetapi mereka juga makan ikan dan cumi-cumi. Mereka telah dikenal mampu menyelam sedalam 575 kaki (175 meter) untuk mencari sumber makanan tersebut, meskipun mereka biasanya berburu di perairan dangkal jauh kurang dari setengah kedalaman itu.

Seperti penguin lain, Adélie adalah perenang yang ramping dan efisien. Mereka mungkin melakukan perjalanan 185 mil pulang pergi (sekitar 300 kilometer) untuk mendapatkan makanan.

Selama musim kawin pada saat musim semi (bulan Oktober), mereka beramai-ramai pergi menuju wilayah pantai Antartika yang berbatu di mana mereka tinggal dalam komunitas besar yang disebut koloni. Dalam tiap-tiap kelompok atau tiap koloni-koloni tersebut dapat mencakup ribuan burung.

Setiba mereka di darat, mereka membangun sarang dan baris mereka dengan batu kecil. Meskipun mereka bergerak dengan terkenal “gaya penguin berlenggak-lenggok”, mereka adalah pejalan kaki yang handal yang dapat berjalan dalam jarak yang sangat jauh di daratan. Pada awal musim semi, sebelum lembaran besar es putus, mereka harus berjalan 31 mil (50 kilometer) dari sarang mereka di darat untuk bisa menemukan wilayah perairan terbuka.

Penguin Adélie jantan membantu pasangannya yang lebih muda usianya dan jika tidak diamati dari dekat, kedua jenis kelamin hampir tidak bisa dibedakan. Mereka bergantian mengeram di sepasang telur agar tetap hangat dan aman dari predator.

Ketika makanan sedang sulit didapat, hanya salah satu dari dua anak penguin yang dapat bertahan hidup. Setelah sekitar tiga minggu, sang induk dapat meninggalkan anak-anak mereka sendirian, meskipun semua keturunan lainnya berkumpul dalam kelompok-kelompok mereka untuk menjaga keselamatan dirinya. Penguin muda mulai berenang sendiri dalam waktu sekitar sembilan minggu.

Penguin Adélie adalah burung cantik yang hanya ada di Antartika.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.