Pengertian Open Source, Kelebihan Dan Macam-Macamnya

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa open source merupakan salah satu hal yang berkaitan langsung dengan komputer. Hal ini memang benar karena open source merupakan istilah software ataupun perangkat lunak yang ada di komputer. Lantas apa pengertian open source secara umum dan apa saja kelebihan serta macam-macamnya? Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Definisi Dari Open Source

Beberapa orang memang bingung untuk menafsirkan apa itu open source. Open source sendiri merupakan sebuah sistem yang di mana Anda sebagai pengguna dapat membuka sebuah kode program. Selain itu Anda juga bisa mengembangkan, mempelajari ataupun memodifikasi sesuai kebutuhan yang di inginkan. jadi Anda bisa memperbaiki software tersebut menjadi lebih dominan dan lebih baik digunakan.

Namun untuk masuk Dan juga mengubah beberapa hal yang diinginkan Anda tentunya harus mengetahui dan mempelajari bagaimana cara kerja dari sebuah sistem yang ingin dikembangkan. Jadi diharapkan tidak ada kesalahan teknis sehingga software yang Anda miliki menjadi bermasalah. Namun Anda pastinya juga mengetahui bahwa untuk mengembangkan software harus membutuhkan jaringan.

maka tidak mengherankan jika seiring dengan berkembangnya teknologi seperti saat ini, telah muncul beberapa software yang di mana telah diciptakan dan hal itu dapat melahirkan beberapa develover. Meskipun untuk menggunakan software yang berbasis open source ini gratis, namun kualitas yang dimiliki tidak bisa diremehkan karena telah melewati beberapa perbaikan hingga sempurna.

Kelebihan Dari Open Source

Selain membahas tentang pengertian open source Anda juga perlu mengetahui beberapa kelebihan dari open source kali ini. Kelebihan yang pertama adalah Anda sebagai pengguna dapat menggunakan sistem ini dengan bebas. Jadi Anda dapat memperbaiki, memodifikasi serta membuat software atau sistem baru yang lebih baik dari sebelumnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Kemudian tidak adanya pembajakan. Tidak adanya pembajakan menjadi salah satu kelebihan dari open source sehingga Anda sebagai pengguna dapat nyaman untuk mengakses serta memodifikasi software. Anda tidak perlu khawatir jika terdapat beberapa orang yang ingin membajak software tersebut. Selain itu software tersebut dapat dibagikan secara gratis tanpa bayar ke semua orang yang membutuhkan.

Kemudian kelebihan yang terakhir adalah merupakan sebuah sistem yang legal. Anda pastinya mengetahui bahwa setiap negara memang memiliki sebuah hukum yang berlaku di dalamnya. Jika sebuah perbuatan yang Anda lakukan adalah ilegal maka, dapat dipastikan akan dihukum. Namun janganĀ  dalam hal ini termasuk sistem yang legal jadi Anda tidak perlu khawatir melanggar sebuah hukum.

Macam-Macam Open Source

Dalam sistem open source memang memiliki berbagai macam macam tidak hanya satu. Seperti halnya UNIX yang merupakan macam-macam open source lahir pada tahun 1965. Namun sayangnya hingga saat ini UNIX sendiri sudah jarang untuk digunakan. Dian terdapat di GNU LINUX. sebuah sistem operasi yang satu ini memang juga jarang dipakai termasuk di negara Indonesia.

GNU Linux sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan dari UNIX. Selanjutnya terdapat BSD. BSD atau kepanjangannya dari Barkeley software distribution ini merupakan sebuah sistem operasi yang memang hampir sama persis dengan Unix. Beberapa orang ternyata juga menyukai sistem operasi ini karena gratis akan tetapi BSD sendiri tidak sepopuler dari Linux yang dikenal luas.

Inspirasi Artikel : https://kupandu.net/

Dan itulah beberapa hal mengenai pengertian open source, beserta dengan kelebihan serta macam-macam yang dapat Anda ketahui. Tentunya terdapat beberapa hal lain yang harus Anda ketahui mengenai macam-macam distro Linux serta kekurangan dari open source.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.