Pengertian Mencari Jati Diri, Siapa Diri Kita Sebenarnya

Mencari jati diri (jatidiri) bisa didefinisikan dalam beberapa arti, tergantung dalam hal apa mencari jati diri yang kita maksud. Jika diartikan secara ilmiah, mencari jati diri berarti belajar mengenal diri kita sendiri beserta sifat-sifat kepribadian kita secara lahir.

Tetapi jika diartikan secara spiritual, mencari jati diri adalah belajar mengenal diri kita sendiri secara batin, siapa diri kita yang sebenarnya. Orang yang mengenal jati diri niscaya akan mengenal tuhannya, karena tuhan sangatlah dekat dengan diri kita sendiri.

Sebenarnya saya sendiri tidak tahu banyak tentang pelajaran mengenal jati diri ini, karena hal ini merupakan pelajaran spiritual yang sangat luas dan hanya bisa dipahami oleh orang-orang tertentu saja, tidak sembarang orang.

ilmu kebatinan, jatidiri, spiritual, mata batin

Namun saya bisa memberikan sedikit gambaran tentang apa sebenarnya yang dimaksud mencari jati diri secara batin, karena hal ini merupakan pelajaran khas orang jawa tempo dulu yang sering diajarkan oleh kakek nenek saya kepada anak cucunya.

Orang yang mencari jati diri bertujuan ingin melihat dirinya sendiri, baik hanya sekedar melihat wajahnya sendiri maupun melihat dirinya sendiri secara utuh dengan menggunakan mata batin. Manusia terdiri dari raga kasar dan raga halus, dan raga halus inilah yang kita cari.

Jika seseorang bisa melihat wajahnya sendiri atau melihat raga halus dirinya sendiri secara berhadap-hadapan di suatu dimensi tertentu, maka ia dikatakan telah mengenal jatidiri meskipun itu hanyalah masih sebagian saja dari pelajaran mencari jati diri.

Mencari jati diri merupakan pelajaran yang sangat luas yang tiada akhir dan manusia tidak akan pernah bisa mencapai puncak ilmu ini kecuali jika ia telah berpulang ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa kelak. Allahu’alam.

^^ Jangan lupa simak juga Pengertian Ilmu Ragasukma Dan Proses Melepas Sukma Dari Tubuh.

Bagikan:
22 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.