Pengertian Freelance, Contoh Dan Cara Kerjanya

Istilah freelance kini sudah banyak dipahami oleh masyarakat Indonesia. Semakin terbatasnya lapangan kerja terikat, maka masyarakat banyak yang mempromosikan diri sebagai freelancer. Lalu, apa pengertian freelance sebenarnya? Sebentar lagi Anda akan menyimak seluk beluk tentang freelannce lengkap dengan bagaimana cara kerja yang dilakukan oleh freelancer.

Sebenarnya, Apa Itu Feelance?

Secara singkat, freelance berarti pekerja lepas. Orang yang bekerja sebagai freelance disebut dengan freelancer. Orang bisa dikatakan sebagai pekerja lepas saat orang tersebut memiliki sebuah pekerjaan namun tidak terikat kontrak jangka panjang oleh atasannya. Artinya, seorang freelancer akan bekerja secara mandiri secara fleksibel.

Freelancer bisa dengan bebas mengatur jam kerjanya, serta bisa melakukannya dimanapun tanpa ada ikatan aturan formal. Freelancer tidak perlu menggunakan seragam formal, sepatu, dan sesuatu lainnya yang bersifat formal. Tetapi sebaliknya, seorang freelancer bisa saja memiliki waktu kerja yang lebih panjang dibanding pekerja yang terikat oleh perusahaan.

Contoh Freelance

Saat ini telah banyak variasi pekerjaan freelance. Apalagi memasuki era industri 4.0, di prediksi pekerja freelance akan meningkat pesat. Beberapa contoh pekerjaan freelance diantaranya desainer grafis. Desainer grafis banyak di butuhkan hampir di semua instansi. Desain yang ditawarkan bisa berupa grafis digital untuk kebutuhan sosial media dan desain situs website.

Pekerjaan freelance berikutnya adalah pembuat aplikasi untuk Android ataupun iOS. Semakin maraknya berbagai macam perusahaan start up di Indonesia, jasa pembuat aplikasi juga semakin diminati oleh pasar. Setelah desainer grafis dan pembuat aplikasi, jenis pekerjaan freelance berikutnya adalah freelancer writer atau penulis lepas.

Penulis lepas juga memiliki pasar yang sangat luas. Hampir semua perusahaan pasti membutuhkan konten untuk mempromosikan produknya. Di dunia digital, konten berupa desain gambar dan tulisan sangat penting untuk strategi marketing sebuah produk. Biasanya seorang penulis akan menawarkan jasa penulisan artikel dengan teknik SEO, copywriting untuk promosi produk, dan sebagainya.

Contoh freelance yang terakhir ialah fotografer atau vidiografer. Sekarang seorang fotografer atau vidiografer profesional tidak hanya dibutuhkan untuk mengabadikan momen pernikahan saja, tetapi juga sangat laku sebagai jasa foto produk. Selain memotret produk, juga dibutuhkan keahlian mengedit foto atau vidio untuk keperluan marketing di suatu perusahaan.

Cara Kerja Para Freelancer

Meski bekerja secara mandiri dan fleksibel sebagaimana pengertian freelance, seorang freelancer juga tetap memerlukan cara kerja baik agar terlihat sebagai freelancer yang profesional. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Pertama, freelancer perlu membuat profil di situs marketplace khusus freelance. Jangan lupa untuk menuliskan keahlian apa saja yang telah dikuasai.

Selain membuat profil di marketplace freelance, seorang pekerja lepas juga diharapkan memiliki situs blog pribadi yang berisi portofolio dari hasil kerjanya. Bagi freelance pemula, portofolio bisa dicantumkan pada akun sosial media. Pastikan portofolio yang ditampilkan merupakan karya terbaik, sehingga calon konsumen akan dengan mudah tertarik dan “membeli” jasa freelancer tersebut.

Setelah mendapatkan calon konsumen, biasanya akan dilakukan diskusi di awal tentang proyek yang akan dikerjakan. Seorang freelance akan mulai mengerjakan proyeknya setelah terjadi kesepakatan antara konsumen dan freelancer itu sendiri. Biasanya, freelancer akan mematok DP sekian persen, dan pelunasan dilakukan setelah pekerjaan selesai.

Demikian penjelasan tentang pengertian freelance, contoh serta cara kerjanya. Apakah Anda berminat menjadi freelancer? Jika iya, pastikan Anda telah menguasai keahlian dan keterampilan tertentu. Setelah itu mulailah menciptakan pekerjaan Anda sendiri tanpa harus menunggu lowongan pekerjaan.

Baca Artikel Lainnya : https://kupandu.net/

Bagikan:
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.