Pengertian dan Perawatan Robo Chain

Mungkin bagi sebagian orang robo chain masih terdengar asing bagi mereka. Begitupun jika saya memberitahukan nama lainnya yaitu chain block. Chain block atau robo chain ini pada dasarnya adalah sebuah rantai yang mirip dengan rantai yang banyak kita jumpai di luar sana. Namun bedanya rantai ini dipasangkan pada alat-alat yang digunakan untuk mengangkat beban berat.

robo-chain

Selain itu robo chain memiliki kemampuan untuk mengangkat beban berat yang bisa mencapai 1 ton sampai dengan 20 ton. Ukuran robo chain memang kecil namun kemampuannya luar biasa. Kalau kata orang kecil-kecil cabai rawit.

Robo chain merupakan salah satu alat yang paling penting dalam dunia industri modern. Alat ini digunakan di berbagai bidang industri seperti industri konstruksi, industri perkapalan, industri manufaktur, industri pertambangan, dan industri minyak dan gas.

Jadi hal inilah yang menyebabkan robo chain banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan yang memiliki mesin pengangkat beban berat yang efisien. Robo chain bisa digunakan untuk peralatan-peralatan seperti hand overhead crane, fixed hoist crane dengan rel tunggal kecil.

Untuk memastikan apakah robo chain bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama maka diperlukan beberapa langkah dalam perawatannya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Simpanlah dan pegang robo chain di tempat yang kering dan tidak lembab. Hal ini untuk memastikan bahwa robo chain yang anda miliki tidak mudah berkarat.
  • Jika robo chain telah dipasang pada mesin yang bersangkutan maka anda harus memastikan bahwa robo chain yang anda pasang sudah diberikan pelumas. Rantai yang awet harus selalu diberikan oli pelumas secara rutin selain itu hal ini juga mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja terjadi.
  • Pastikan peralatan pendukung robo chain masih terpasang dengan lengkap.
  • Pastikan peralatan pendukung robo robo chain belum mengalami kerusakan yang parah. Jika salah satu spare part yang sistem kerjanya berkaitan langsung dengan robo chain sudah mengalami kerusakan parah, kerja mesin menjadi tidak stabil sehingga robo chain menjadi timpang cara kerjanya.

Perlu untuk anda ketahui bahwa dalam merawat alat seperti robo chain diperlukan ketelitian. Anda juga perlu menghubungi distributor robo chain jika sewaktu-waktu ada peralatan yang berkaitan dengan alat ini yang hendak diganti atau direparasi. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan membuat anda lebih memahami apa itu robo chain. Terima Kasih. Jangan lupa ketahui juga Apa itu Mesin Press Hidraulik?

Bagikan:
12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.