Pengalaman Pribadi – Menjalankan Bisnis Online Memang Asyiik!

Apabila sudah merasakan hasilnya, menjalankan bisnis online itu memang asyiik! Coba aja tanya pada mbak Indri atau teman-teman lain yang sudah merasakannya.

Pada awalnya memang memerlukan ekstra kesabaran dan ketekunan yang sangat tinggi dan menuntut pengetahuan yang memadai untuk menjalankan bisnis online yang sedang kita tekuni sesuai jenis bisnis atau produk yang kita pasarkan, dan kita juga dituntut untuk memahami dan menambah pengetahuan marketing online yang tentu saja sangat terkait dengan pengetahuan blogging, SEO, menulis artikel, optimasi gambar, dan lain-lain.

bisnis-online-mandiri

Sehubungan dengan hal tersebut Untuk menjalankan sebuah bisnis online yang baik sangat memerlukan sarana tempat memasarkan produk dalam hal ini sebuah website atau blog, walaupun pada kontek lain kita dapat menjalankan bisnis online tanpa memiliki website dengan cara numpang promosi di jejaring sosial, situs iklan online, atau blog milik orang dengan cara berbayar atau bahkan gratis seperti yang ditawarkan blog juragan cipir.

Mungkin ada teman yang penasaran bertanya: “Asyiknya dimana menjalankan bisnis online itu, Pa Endang?“.

Jawab :

  1. Alhamdulillah..hampir setiap hari ada saja yang mengirim uang.
  2. Kemanapun saya pergi, misalnya ke luar kota, mudik ke kampung, atau kemanapun, bisnis tetap bisa dijalankan dan transaksi tetap berjalan menggunakan ponsel pintar.

Mungkin ada juga yang masih penasaaran bertanya: “Bisnis online apa saja yang Pak Endang lakukan selama ini?“.

Jawab : ada 3 jenis yang saya jalankan

  1. Bisnis online menjual produk sendiri seperti jual software rab, jual paket gambar desain rumah online.
  2. Bisnis online menjual produk orang lain dengan komisi, seperti “Uang Spot”, dll.
  3. Menjual produk MLM lewat internet dengan cara promosi menggunakan autosubmit ke ribuan situs iklan baris.

Semua itu saya kerjakan sendiri untuk mengisi kegiatan masa pensiun saya.

Mungkin ada yang tanya lagi: “Memangnya uang pensiunan tidak cukup.. sehingga repot-repot malakukan bisnis online, Pak Endang?”

Jawab:

  1. Cukup dan bahkan lebih untuk keperluah berdua bersama mantan pacar hehe 😀
  2. Saya sudah terlanjur menyukai bisnis online, dan kerjaannya cukup ringan hanya nulis artikel, gambar desain rumah, dan promosi. Dan jika tidak melakukannya dalam waktu sebulan atau 2  bulan, uang yang masuk tetap ada ko.

Bisnis online seperti itulah yang selama ini saya lakukan dengan tangan sendiri, dan bagi saya semua yang saya jalankan merupakan bisnis online mandiri atau boleh juga dikatakan wirausaha online. Apa yang saya lakukan tersebut sebenarnya bisa dijalankan oleh teman-teman yang kebetulan selama ini belum mendapat pekerjaan dengan model bisnis online yang lain sesuai kaeahlian. Apabila kita mau menekuninya dari nol, memiliki keinginan yang kuat untuk merubah keadaan yang disertai mau berjuang..maka saya kira bisnis online mandiri seperti yang saya lakukan dapat menjadi sumber keuangan dan sebagai lahan untuk mencari nafkah keluarga.

Dengan melakukan bisnis online seperti itu, kita “bebas” tidak mendapat tekanan orang lain (seperti Boss), tidak dibebani target hasil kerja, jika bekerja sebagai pegawai atau karyawan. Kita “merdeka” bebas waktu kemanapun kita pergi dan penghasilan-pun tetap mengalir yang apabila ditotal jumlahnya di akhir bulan tidak kalah oleh penghasilan seorang pegawi yang berangkat pagi pulang malam.

Kira-kira seperti itulah gambaran asyiknya menjalankan bisnis online apabila kita sudah merasakan hasilnya. Sekarang giliran teman-teman yang belum merasakan asyiknya penghasilan bisnis online. Walaupun pada awalnya harus mengalami berbagai kendala, tantangan, bahkan cacian, kepahitan.. dimana untuk mendapatkan 1 rupiah-pun sangat susah pada awalnya. Terima kasih tidak lupa saya sampaikan pada mbak Indri yang telah mengijinkan saya menulis di blog juragan cipir, juga salam sukses buat teman-teman semua. 😀

Bagikan:
10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.