Pengalaman Menjadi Publisher Google Adsense, Th 2009 – 2012

Mendapatkan penghasilan dari Google Adsense memang sangat menyenangkan, semakin meningkat penghasilan pada setiap bulan semakin semangat mengelola blog dan menulis artikel. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pengalaman saya pernah menjadi publisher Google Adsense selama 3 tahun, mulai tahun 2009 sampai tahun 2012.

Hanya sampai tahun 2012 saya mendapat peluang mendapatkan manisnya penghasilan Google Adsense, dan setelah itu saya hanya menjadi blogger biasa dan mulai merintis bisnis online model  lain dengan membuat sendiri produk berbasis keahlian dengan cara memasarkan sendiri melalui situs website statis.

Yang menyebabkan saya untuk beristirahat sementara menjadi pebisnis online sebagai bublisher Google Adsense adalah pengalaman pahit yang sangat menyakitkan dan membuat perasaan saya kecewa untuk melakukannya kembali.

Pengalaman pahit yang saya alami adalah, selama 3 tahun saya merintis dan mengelola 2 bh situs, yaitu 1 bh blog berbasis WordPress (homeaudiosystem.org) dan 1 bh website berbasis HTML+PHP outdoor-(furniture-umbrellas.net), keduanya menggunakan bahasa Inggris, sebab pada waktu itu bahasa Indonesia belum diakui sebagai bahasa Adsense.

Kini kedua situs tersebut sudah hilang dari peredaran internet termasuk blog personal endangkusman.com, tetapi  Anda masih bisa melihat arsipnya ada sekitar 82 result di folkd.com/user/endangkusman tempat saya melakukan kegiatan bookmark/backlink pada waktu itu.

Saya mulai merintis kedua situs tersebut pada awal tahun 2008 sebagai situs praktek belajar IM di Anne Ahira. Keduanya mulai memiliki trafik yang lumayan pada akhir tahun 2008, bertepatan dengan persetujuan full  approve google Adsense yang pada saat itu terbilang sangat susah mendapatkannya, menunggu lebih dari 4 bulan.

Sistem pendaftaran GA dan pada waktu itu langsung full approved tanpa percobaan seperti sekarang. Market kedua situs saya tersebut saya pilih pasar Amerika sesuai pelajaran yang saya dapatkan dari guru saya Anne Ahira waktu itu. Mulai awal tahun 2009 kedua situs tersebut mulai menghasilkan dollar, yang dari bulan ke bulan terus meningkat sesuai dengan jumlah artikel yang terus saya tambah.

READ  Hati-hati Dengan Blog Gado-Gado

Waktu itu saya masih bekerja sebagai PNS di Institut Pertanian Bogor, dan penghasilan dari Adsense sudah melebihi tunjangan jabatan saya sebagai pejabat eseleon 3 yang biasa saya terima setiap bulan pada waktu itu. Sungguh sangat menyenangkan, saya mendapat penghasilan dari 2 bh situs dengan angka yang boleh dikatakan agak susah didapatkan oleh PNS lain.

bisnis online, internet marketing, tips sukses, tips adsense
Bukti Earning Adsense 2011

Ketika saya mulai memasuki pensiun pada bulan Maret 2012, tepat setelah saya 1 bulan menjalankan pensiun, ketika saya membuka kedua situs saya yang tampak pada sela-sela postingan dan sidebar hanyalah ruang blank tanpa iklan, setelah login GA, ternyata akun Adsense saya sudah dibanned dengan alasan klik tidak syah. Angka earning Adsense per bulan sudah hampir mendekati  angka pensiun PNS Golongan IV/a saya per bulan sangat membuat perasaan saya kecewa sampai sekarang.

Sejak itulah saya merasa drop dan trauma sampai sekarang untuk menjalankan Adsense, padahal waktu itu saya harapkan dari penghasilan tersebut sebagai pengganti penghasilan yang hilang akibat pensiun, akhirnya menjadi buyar dan sirna. Perasaan kecewa yang sangat pada waktu itu, dan pemberitahuan banned juga dilakukan GA pada saat menjelang pembayaran earning. Wah gimana rasanya.

Saya hanya putus asa menjalankan Adsense, tapi untuk menjalankan bisnis online lainnya tidak, sebab saya punya sedikit bekal keahlian dibidang lain, dan berkat saya telah dibekali IM oleh guru Ahira, bahwa kata beliau “Seorang pebisnis online harus mampu menjual apa saja di internet”.

READ  Cara Menentukan Ukuran Iklan Adsense Membayar Mahal

Walaupun saya tidak pernah meninggalkan comment di blog ini, tapi saya sering berkunjung sebab sering dirujuk ke blog ini oleh google search, sehingga pada akhirnya saya merasa tertarik untuk berbagi menyampaikan pengalaman saya sebagai mantan Publisher Adsense, sebab saya melihat bahwa blog juragancipir.com sangat serius membahas dan berbagi tips-trik tentang Google Adsense.

Saya sangat kagum dengan Mbak Indri yang begitu semangat mengelola blog. Semoga dengan seringnya berkunjung ke juragancipir.com diharapkan semangat dan motivasi saya dapat bangun kembali untuk memulai Gogle Adsense.

Akhir kata saya sampaikan terima kasih kepada Mbak Indri sebagai admin juragancipir.com yang telah memberikan kesempatan untuk mengisi rubrik surat pembaca.

Salam sukses.

^^ Jangan lupa ketahui juga Tips Memilih Keyword dan Menentukan Situs untuk Adsense.

Penulis : Endang Kusmana
(Terverifikasi)
Address : Taman Pagelaran  Blok C9/30, Kec.Ciomas, Bogor 16610
Pendidikan : S1
Pengalaman Bekerja : PNS, IPB-Bogor, (1978 – 2012)
Kegiatan saat ini : Blogger & Bisnis Online
Website : www.softwarerab.com
Google+ : +Endang Kusman

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

14 komentar

  1. Hmmm… saya sangat salut dengan pengalaman pak Endang Kusmana yg pada tahun 2009 telah bisa meraup dollar dari adsense secara rutin hingga 2012, genap tiga tahun :)<br /><br />Tapi yg saya herankan kenapa pak Endang mendapat cobaan segitu aja kok putus asa utk mencoba adsense lagi yaa… padahal kan sdh mendapat gemblengan dari master kaliber alias alap-alap bisnis online seperti mbak Anne Ahira

    1. Makasih Mbak Indri, artikel kiriman saya sudah ditayangkan. Dan makasih juga atas komentar motivasiya. Sebenarnya saya tidak putus asa , sebab ketika akun GA saya dibanned, saya langsung bangkit dengan model bisnis online yang lain, produk sendiri yang berbasis keahlian yang saya miliki. Itu semua merupakan pesan dan gemblengan guru Ahira, bahwa sebagai pebisnis online jangan mudah putus asa

  2. Ayo, bangkit pak… masa kalah ma yang muda, hehe

  3. Pengalaman seperti ini yang saya cari selama ini. Semoga semakin banyak yang membagikan pengalamannya untuk menyadarkan para newbie termasuk pribadi kalau gagal itu juga bagian dari keberhasilan. Alhamdulillah jadi tidak takut banned.. Makasih share-nya pak Endang.

  4. Hadehh sip banget jadi ngiri,, saya daftar adsense di tolak terus sampe 8 kali,,, 😀 akhirya pake adsense punya temen yang gak ke pake baru dapat 5,7$ semangat terus,,,, salam sukses juragan kecipir

  5. Waduh .. saya malah belum punya adsense 😀 Ini lagi belajar ama mbak indri 😀

  6. Duh sayang sekali ya.<br />Ayo pak maen adsense lagi, saya aja baru merintis hehe

  7. Gambar Gravatar servisacjakartaselatan123 berkata:

    Lagi belajar juga saya sama juragan cipir… Mudah2 an

  8. Gambar Gravatar patrick prasetyo Prasetyo berkata:

    Lumayan menarik untuk disimak, mengingat tak mudah untuk bisa terus menerus sukses di GA tapi juga harus siap waktu terkena masalah. Daripada sibuk menyesali setiap tindakan, alangkah baiknya bila memang mulai membangun usaha lain atau ngeblog lagi dari nol, baik dengan niche yang sama maupun berbeda.<br /><br />Jadikan itu semua sebagai pengalaman, agar kedepannya bisa menjadi blogger yang lebih

  9. jadi blog-blognya sudah ndak ada lagi ya, kalau boleh tahu apa penyebab blognya juga hilang dari peredaran, kan masih bisa tu diupayakan untuk mendaptar lago ke google adsense, sebab dari link blognya, saya sebenarnya tertarik untuk membacanya, namun ketika saya telurusi, ternyata blog-blog mas nda bisa dibuka

    1. Thx Sdr. Ibrahim atas comments-nya, cerita hilangnya blog dari peredaran begini: <br /><br />Akun GA yang dibbanned saya pasang di 2 situs. Yang satu berbasis wordpress (homeaudiosystem.org) dan satu lagi berbasis web statis berbasis script html+php (outdoor-furniture-umbrellas.net). Blog-WP sekitar 200 post, dan yang satunya sekitar 100 post, dengan total pengunjung keduanya rata2 300 s/d 400

  10. Gambar Gravatar Mungkasi Sanwireja berkata:

    Mantap sekali artikelnya

  11. Wah sangat menyedihkan sekali pas baca ini &quot;saya membuka kedua situs saya yang tampak pada sela-sela postingan dan sidebar hanyalah ruang blank tanpa iklan, setelah login GA, ternyata akun Adsense saya sudah dibanned&quot;.<br /><br />Dan termotivasi sekali ketika baca ini &quot;Seorang pebisnis online harus mampu menjual apa saja di internet&quot;.<br /><br />Terimas kasih mas endang atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *