Penasaran Bagaimana Mesin ATM Tercipta? Ini Dia Sejarahnya..

Anda pasti sudah tidak asing dengan mesin ajaib bernama ATM atau Automated Teller Machine (Bahasa Indonesia= Anjungan Tunai Mandiri). Mesin yang memberikan kemudahan pada penggunanya ini dahulunya tidak sepopuler zaman sekarang. Dimana awal pembuatannya, mesin ATM ini kebanyakan digunakan wanita pekerja S*eks dan penj*udi yang tidak mau bertatap muka dengan kasir.

Mesin ATM merupakan penemuan yang terbilang ‘baru’. Dimana mesin serba guna ini dibuat pertama kali pada tahun 1939 melalui tangan dingin kepala laboratorium Fotografi yang bernama Luther George Simjian pada usia relatif muda, yaitu: 28 tahun.

mesin-atm

 

Mesin ATM buatan Simjian inipun ditawarkan kepada bank yang sekarang berkembang menjadi Citicorp. Tapi, sayangnya ciptaan jenius ini tidak diiringi dengan kesuksesan mesin ATM sebagai mesin yang memudahkan penarikan uang. Selama enam bulan percobaan, bank yang menaunginya melaporkan hanya sedikit orang saja yang mau memanfaatkan alat ini. Seperti disinggung di atas, kebanyakan kalangan yang menggunakan ini adalah wanita pekerja s*eks dan penj*udi! Dan bisa ditebak sendiri, ATM buatan Simjianpun redup alias gagal meraih popularitas.

Waktupun berlalu, tiga puluh tahun kemudian, tiga sahabat karib kompak membuat mesin ‘pemberi uang’. Hal ini dilatar belakangi oleh pengalaman Don Wetzel yang harus mengantre panjang di sebuah bank di Dallas. Dengan perpaduan ilmu ketiganya (Don Wetzel: Wakil Presiden bagi perencanaan produk Docutel, Tom Barnes: Insinyur mesin dan George Chastasin: Insiyur listrik) mesin ATM tercipta dengan menghabiskan biaya AS$ 5 juta ditahun 1969.

Mesin buatan ketiganya ini pun langsung mejeng di dinding luar bank Chemical Bank di Rockville Center, New York. Sayangnya, karena posisinya yang di luar dan pemasangan kanopi yang terlalu tinggi, ketika hujan turun air pun ikut ‘merusak’ mesin ATM. Karena kerusakan tersebut, akibatnya perlu biaya yang mahal untuk perbaikannya.

Perlu diketahui, mesin ATM pada saat itu belum online dengan sistem komputer bank. Jadi penggambilan uang di ATM tersebut tidak secara langsung didebet dari rekening pemiliknya. Mesin ATM yang seperti kita kenal tercipta ketika memasuki tahun 1971 yang mana dapat melakukan transfer dan pembayaran. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1973 permohonan hak paten atas ATM oleh ketiga sahabat tersebut dikabulkan.

Jangan lupa baca juga Ini Dia Awal Mula Terciptanya Teknologi Copy Paste di Komputer.

Bagikan:
17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.