Pembuatan Sitemap Gratis Melalui Website Online

Selain melalui plugin wordpress, anda dapat juga membuat sitemap melalui website penyedia sitemap generator online seperti XML-Sitemaps.com

Langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat sitemap adalah sebagai berikut :

1. Silahkan anda menuju ke www.xml-Sitemaps.com

2. Kemudian anda akan diminta untuk menginput beberapa data yang berkaitan dengan blog anda yaitu:

A. alamat url blog anda

B. Seberapa anda sering melakukan update terhadap blog anda.

C. Waktu terakhir kali blog anda diupdate. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya crawl ulang padahal masih belum ada perubahan pada blog anda.

D. Tingkat prioritas antara halaman web yang satu dengan halaman web yang lainnya dalam blog anda.

Setelah anda mengisikan data tersebut, anda dapat menekan tombol start yang terletak dibagian bawah halaman dan secara otamatis sitemap untuk blog anda telah terbentuk.

Setelah blog anda memiliki sitemap, maka selanjutnya anda dapat mendaftarkan blog anda tersebut ke search engine sehingga search engine dapat mengetahui lebih detail tentang semua halaman yang ada di blog anda yang mungkin masih belum dikunjungi oleh robot search engine. Berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan sitemap blog anda di search engine google:

1. Silahkan anda mengunjungi google webmasters di google.com/webmasters kemudian tekan tombol : sign in to webmasters tools”

2. Apabila anda memiliki account google baik itu gmail,google adsense atau yang lainnya, silahkan anda login dengan mengetikkan alamat email dan password account anda tersebut, kemudian tekan tombol “sign in”. Akan tetapi apabila anda belum memiliki account google dan ingin mempunyai account sendiri untuk google webmasters silahkan anda menekan tombol “sign up” untuk mendaftar.

3. Setelah login, maka anda akan masuk kehalaman utama google webmasters tool. Untuk mendaftarkan sitemap blog anda, silahkan anda menekan tombol “ADD A SITE” atau tekan link “add a site to get started

4. Setelah itu silahkan anda memasukan alamat url blog anda dan kemudian tekan tombol”Continue”.

5. Setelah itu anda harus melakukan verifikasi apakah blog yang anda inputkan alamatnya tersebut adalah benar-benar blog milik anda atau bukan. Cara yang paling mudah untuk melakukan verifikasi tersebut adalah dengan meng-upload file verifikasi dari google ke website anda.

6. Setelah blog anda terverifikasi,silahkan anda menekan link “continue”

7. Setelah itu anda akan masuk kehalaman utama webmaster tool untuk blog yang telah anda daftarkan. Anda bisa mendaftarkan sitemap blog anda dengan menekan tombol “sitemaps”.

8. Setelah itu silahkan anda menekan tombol “ADD/TEST SITEMAP” untuk mendaftarkan sitemap xml blog anda.

9. Silahkan anda memasukan nama file xml anda kemudian tekan tombol “submit sitemap”.

10. Setelah sitemap blog anda berhasil didaftarkan silahkan anda menekan link “Refresh the page”.

11. Anda dapat melihat total halaman yang terdaftar di sitemap anda dan total halaman yang diindeks oleh google, total halaman yang diindeks oleh google dapat anda lihat beberapa hari setelah anda mendaftarkan sitemap anda (pada saat anda baru mendaftarkan sitemap anda maka akan tertulis pending)

12. Dengan suksesnya proses mendaftarkan sitemap blog anda maka bila terjadi perubahan/penambahan konten maka secara otamatis search engine akan dapat dengan segera memperbarui database nya dan hal tersebut sangat menguntungkan bagi blog anda.

Jangan lupa simak juga Optimasi Judul Halaman/Tag Title Untuk Seo di Blog Kita.

Penulis : Bernos Sidayan

11146203_793254904096486_4675230430327824590_naku

Bagikan:
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.