Pemandangan Eksotis Puncak Gunung Bromo

Halo juragan… Seorang fotografer yang kini tinggal di Bangkok, Thailand, bernama Oliver Davis telah berbagi karya besar sebuah potret pemandangan menakjubkan di puncak Bromo ketika sedang melakukan Tour ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gambar ini ditangkap dari atas salah satu puncak gunung di wilayah taman nasional.Bromo adalah gunung berapi aktif yang sangat terkenal sebagai obyek pariwisata di Jawa Timur. Hal ini yang menciptakan daya tarik kuat bagi para wisatawan karena gunung ini statusnya masih aktif dan bisa meletus kapan saja.

Gunung ini tercatat pernah meletus pada tahun 1974 dan terakhir pada tahun 2010. Kawah bromo berdiameter sekitar 800 meter dan berada di tengah-tengah lingkaran daerah bahaya yang berdiameter 8 kilometer.

Foto: ollygringo / Flickr

Bagi suku Tengger (penduduk asli Bromo), gunung ini dianggap sebagai gunung suci yang berasal dari kata Brahma. Setiap tahunnya warga sekitar yang mayoritas beragana Hindu menyelenggarakan upacara Kasada (kasodo) yang diawali dari kaki gunung menuju puncak. Upacara biasanya dilaksanakan pada malam bulan purnama yang dimulai tengah malam hingga menjelang pagi.

Gunung Bromo memiliki ketinggian sekitar 2.393 meter di atas permukaan laut dan berdiri di atas empat wilayah kabupaten di Jawa Timur, yaitu Pasuruan, Malang, Lumajang dan Probolinggo. Jika juragan berkunjung ke Jawa Timur jangan lewatkan singgah di puncak Bromo untuk menikmati pemandangan eksotis yang benar-benar dahsyat sambil berpesta memotret.

Berikutnya>> Keindahan Pantai Dua Belas Rassul di Australia

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.