Paus Pembunuh (Orcinus Orca)

Killer Whale (Orcinus Orca) – Orcas atau paus pembunuh adalah ikan terbesar dari keluarga lumba-lumba dan salah satu predator dunia yang paling kuat. Mereka berpesta mamalia laut seperti anjing laut, singa laut, dan bahkan paus, mempekerjakan gigi yang bisa sampai empat inci (sepuluh sentimeter) panjang. Mereka dikenal mampu memecah langsung lapisan es. Mereka juga makan ikan, cumi, dan burung laut.

Paus pembunuh adalah hewan dari jenis mamalia atau binatang menyusui, status mangsa karnivora, rentang hidup rata-rata di alam bebas sekitar 50 sampai 80 tahun. Ukuran hewan ini sekitar 23-32 ft (7-9,7m), berat mencapai 6 ton (5443 kg), hidup dalam kelompok yang disebut pod atau polong.

Mereka sering berada di pantai perairan yang dingin, Orcas dapat ditemukan dari daerah kutub hingga wilayah lintasan garis khatulistiwa.

READ  Singa Afrika Raja Hutan Sabana

Paus pembunuh berburu dalam grup atau polong yang mematikan, kelompok keluarga mereka hingga mencapai 40 ekor. Tampaknya sementara ini populasi mereka meningkat. Kelompok-kelompok yang berbeda grup dapat saling memangsa, mereka menggunakan teknik yang berbeda untuk menangkap mangsa mereka. Kelompok hewan ini cenderung lebih suka memangsa ikan, sementara target lain mereka adalah mamalia laut. Semua kelompok ikan buas ini berburu secara efektif, mereka menggunakan teknik berburu dalam team sehingga meyamakan perilaku mereka bagaikan kelompok serigala.

Paus membuat berbagai macam suara komunikatif, dan masing-masing kelompok memiliki suara khas yang setiap anggotanya akan mengenali biarpun berada di kejauhan. Mereka menggunakan echolocation untuk berkomunikasi dan berburu, membuat suara yang berjalan di bawah air sampai mereka menemukan objek, kemudian bangkit kembali, melaporkankan lokasi mereka, ukuran, dan bentuk target mangsanya.

Paus pembunuh adalah pelindung dari anak mereka, dan para remaja betina lainnya sering membantu induk dalam merawat anak-anak mereka. Induk akan melahirkan anak setiap tiga tahun sampai sepuluh tahun, masa kehamilan mereka 17 bulan.

READ  Gajah Asia, Mamalia Darat Terbesar di Benua Asia

Orcas bisa dikenali oleh warna mereka yang hitam putih khas, mereka adalah binatang cerdas. Paus pembunuh tidak pernah secara ekstensif memburu manusia.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

2 komentar

  1. woow paus pembunuh,salah satu paus yang amat ditakuti 😀

  2. Gambar Gravatar Indonesia Rainforest berkata:

    jangan takut kawan, dia tidak suka membunuh blogger kok, xixixi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *