vps murah

Home / Alam

Rabu, 20 November 2013 - 19:04 WIB

Paricutin, Gunung Berapi Dalam Tanah Lahir Dalam Sekejap

Halo juragan… Paricutin adalah gunung berapi baru di Meksiko yang paling menakutkan di dunia karena mereka muncul secara tiba-tiba hanya dalam sekejap. Awalnya, pada tahun 1943 para petani mendengar suara gemuruh yang aneh dan melihat celah memanjang di dalam tanah.

Mereka tidak terlalu khawatir pada awalnya. Namun suara-suara itu semakin keras, lalu tiba-tiba tanah retak semakin melebar dan bumi mulai menyembul ke atas. Dalam beberapa jam kemudian tanah tersebut mulai batuk yang mengeluarkan sulfur dan abu. Ternyata telah lahir gunung berapi baru dalam semalam.

READ  Gajah-gajah Afrika Mabuk Karena Makan Buah Marula
listverse.com

Meskipun awalnya ketinggian gunung berapi itu tidak lebih dari 1,8 meter (6 kaki), namun Paricutín tumbuh pesat. Hanya 24 jam kemudian tingginya mencapai 50 meter (165 kaki). Enam hari kemudian, dua kali lipat dari itu.

Sepanjang waktu itu Paricutin terus meludahkan lava panas. Meskipun gunung berapi ini relatif kecil, namun daerah di sekitarnya termasuk kota terdekat San Juan secara perlahan dimakan oleh aliran lava sehingga penduduk setempat harus mengungsi.

READ  Keindahan Pantai Dua Belas Rasul di Australia

Tentu saja fenomena Paricutín langsung didengar oleh dunia internasional. Ahli geologi dan turis berbondong-bondong untuk mengamati gunung berapi muda yang baru lahir. Mereka punya banyak waktu untuk melihat fenomena aneh dan menakutkan itu.

Paricutín meletus terus-menerus setiap hari selama sembilan tahun pertama. Pada saat mereda, Paricutin telah berhasil menimbun lahan pertanian seluas 25,9 kilometer persegi (10 mil persegi) dengan lava kental. Sebuah gunung berapi kecil yang nakal.

Share :

Baca Juga

Alam

Kerjasama Yang Baik Sepasang Hewan Katak

Alam

Gibraltar Airport, Bandara Ekstrim Paling Berbahaya di Dunia

Alam

Gunung Berapi Lumpur Gwadar di Pakistan

Alam

Nyamuk Baru Penghuni Terowongan Bawah Tanah

Alam

Lava Hitam Gunung Berapi Ol Doinyo Lengai

Alam

Gajah Afrika Berusia 46 Tahun DiTemukan Tewas di Gunung Banteng

Alam

Ukuran Ledakan Gunung Berapi – The Volcanic Explosivity Index

Alam

Platybelodon, Gajah Purba Hidup 20 Juta Tahun Yang Lalu