Panik Saat Menolong Orang Pingsan? Coba Ikuti Petunjuk Taktis Ini

Pernahkah Anda menolong orang yang pingsan ? jawabannya adalah ada yang pernah dan ada yang belum pernah.Bagi yang sudah pernah menolong orang pingsan mungkin tidak terlalu panik karena sudah memiliki pengalaman, akan tetapi bagi yang belum pernah biasanya akan mengalami panik.

Rasa panik merupakan hal yang wajar saja sebab merupakan wujud rasa khawatir terhadap orang yang pingsan, apalagi yang pingsan adalah keluarga sendiri. Pengalaman saya dalam menolong orang yang pingsan mendorong saya mencoba menulis artikel singkat ini.

Baca juga Agar Anda Tidak Mudah Menjadi Pelupa, Yuk Baca Tips berikut ini !!

menolong-orang-pingsan

Sebenarnya pengertian  pingsan itu apa sich ? Pingsan Adalah Kehilangan kesadaran pada diri seseorang untuk sementara waktu yang disebabkan kurangnya aliran darah dan Oksigen ke Otak.

Beberapa Tindakan Pertolongan Pada Oang Yang Pingsan :

  1. Baringkan Orang Pingsan Pada Tempat yang Nyaman

Hal yang kita lakukan dalam menolong orang pingsan adalah baringkan tubuhnya ketempat yang nyaman, sejuk ,tidak panas.Jangan terlalu banyak orang yang berada disampingnya agar suhu udara tidak panas.Suhu udara yang sejuk akan membuat pernapasan orang yang pingsan menjadi lancar.

  1. Naikan Kaki Lebih Tinggi dari Posisi Kepala

Pada orang yang pingsan cobalah menaikan kakinya lebih tinggi dari posisi kepala dengan bantal atau benda lembut lainya.Hal ini berguna agar aliran darah bisa menuju ke otak.

  1. Berikan Aroma pada Hidungnya

Langkah selanjutnya adalah memberikan aroma menyengat pada hidung orang yang pingsan, seperti minyak Angin, Alkohol 70 % , Bawang Putih.Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rangsangan pada  syaraf otak sehingga orang yang pingsan bisa sadar dan pulih kembali.

  1. Berikan Minuman Hangat

Pada saat orang yang pingsan mulai sadar sebaiknya diberikan minuman air hangat yang sudah diberi gula, misalnya Air teh manis.Jika orang yang pingsan karena kelelahan atau kelaparan hal ini bertujuan untuk meningkatkan glukosa dalam darah yang dibutuhkan oleh otak.

Ingat pemberian minuman hanya boleh dilakukan pada saat orang yang pingsan sudah sadar, jika belum sadar jangan diberikan karena akan menganggu pernafasan orang yang pingsan.

  1. Pijit Bahu Dan Leher Orang Yang Pingsan

Kalau orang yang pingsan sudah sadar, maka cobalah pijiti bahu dan leher orang yang pingsan.Hal ini agar aliran darah pada bahu dan leher menjadi lancar.

  1. Bertanya Kepada Orang Yang Pingsan

Langkah selanjutnya saat kita menolong orang yang pingsan adalah bertanya.Hal ini berguna untuk memastikan kondisi yang dirasakan oleh orang yang pingsan, apakah ada rasa sakit akibat jatuh karena pingsan ataukan masih terasa pusing – pusing.Jika terasa ada keluhan –keluhan lainnya sebaikknya segera berobat dan periksakan ke dokter.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat, jika ada kesalahan pada Ide dan Penulisan saya mohon maaf. Jangan lupa simak juga Anda Sedih Dan Kecewa? Yuk Bacalah Artikel Ini Sampai Habis.

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.