Optimasi Blog Umur Sebulan Langsung Page One

Halo sahabat setia blog juragan cipir, Sebelumnya mohon maaf jika ini hanya sebuah share teknik seo sederhana yang saya yakin semua sobat disini sudah lebih jago bahkan ilmunya lebih tinggi daripada saya. Langsung saja ya, tidak usah pakai intro yang terlalu panjang mending langsung menuju intinya saja.

Jangan lupa baca juga Cara Mudah Menentukan Niche Blog Dengan Modal Blog Gado gado.

Pertama. Saya lebih fokus untuk membangun blog satu pembahasan (Niche Blog) dengan target yang lebih spesifik karena akan lebih mudah memperoleh kekuatan dalam bersaing di SERP meskipun hanya dengan beberapa biji artikel saja.

optimasi-blog

Gunakan fresh TLD boleh KOD tapi akan lebih baik jika domain merupakan sebuah kata pendek terdiri dari 6 hingga 8 huruf meskipun kadang tampak tidak berarti.

Ok, domain dan hosting sudah siap artinya sobat harus menggunakan CMS WP karena menurut saya lebih fleksibel dan sangat mudah untuk dilakukan tune up melawan kompetitor meskipun tanpa teknik black dan ilmu hitam lainnya.

Gunakan templat wp yang ringan dan memiliki struktur title tag yang bagus untuk setiap halaman (H1,H2 dan selanjutnya), biasanya kalau di periksa dengan tool tertentu akan memiliki score sekitar 95 hingga 100. Tapi saya tidak terlalu pusing dengan score ini karena bisa jadi hanyalah sebuah ilustrasi yang boleh dipercaya juga boleh diabaikan.

Untuk plugin saya cukup menggunakan SEO Yoast untuk mengukur kepadatan kata kunci agar lebih tampak natural dan tidak over optimasi on pagenya. Selain itu, plugin ini juga membantu saya untuk melakukan perintah index atau no index halaman tertentu serta mengatur tampilan dari deskripsi hasil penelusuran saja.

Kedua. Blog sudah online, sambil menunggu terindex oleh google saya membuat 1 posting artikel pilar (utama) sesuai target kata kunci utama. Artikel ini yang akan menjadi senjata andalan dalam menuju page one SERP nantinya dan untuk menjaring pengunjung selanjutnya. Oleh karena itu harus dibuat semaksimal mungkin dan memiliki value yang bagus bagi pembaca.

Untuk artikel pendukungnya saya buat antara 5 hingga 10 posting yang merupakan kata kunci turunan dari artikel utama. Karena ini adalah blog niche, menurut saya tidak harus mengejar kuantitas melainkan lebih mengutamakan kualitas meskipun blog saya hanya memiliki sekitar 10 artikel saja. Memasuki umur 15 hari, blog saya sudah memiliki 1 artikel pilar dan 10 artikel pendukung (pastikan sudah terindex SE google) yang kemudian saya memilih berhenti untuk posting konten baru dan lebih fokus pada langkah optimasi dengan sekuat tenaga.

Ketiga. Saatnya membuka tabungan deposito. Maksud kalimat ini bukan soal uang atau biaya, akan tetapi tabungan yang saya maksud adalah membuka kembali blog lawas yang sudah saya persiapkan untuk memberikan suntikan power pada blog baru ini.

Blog lawas saya adalah web 2.0 yang sengaja saya rawat dengan baik sebagai senjata ampuh setiap kali saya meluncurkan blog baru. Istilah keren nya blog dummy namun tetap harus terjaga kualitasnya dan dirawat dengan baik tidak hanya sekedar blog bayangan semata.

Web 2.0 yang saya yakini mampu memberikan kekuatan besar sebagai sumber BL adalah:

  • Blogspot umur 5 tahun high DA/PA
  • WordPress com umur 5 tahun high DA/PA
  • Tumblr umur 3 tahun hig DA/PA

Dari ketiga blog dummy tersebut semuanya adalah blog gado gado yang juga rutin saya update. Kenapa gado gado? karena dari awal saya membuatnya hanya bertujuan untuk mereview setiap blog baru yang saya luncurkan. Dan tentunya akan lebih bebas dalam membuat pembahasan sehingga lebih mudah digunakan sebagai sumber backlink untuk blog baru dengan topik apa saja.

Cara ampuh menanam backlink nya adalah seperti berikut ini.

Contoh:

Sebuah blog baru dengan domain http://pompair.com dan target kata kunci utama saya untuk menaikkan peringkat homepagenya adalah “Teknisi Pompa Air”, maka dari ketiga blog dummy tersebut saya buat masing masing satu artikel dengan kata kunci utama di dalam artikel (Anchor Text) namun bukan untuk judul artikelnya.

Karena blog dummy saya sudah cukup tua dan memiliki DA/PA yang sangat lumayan, maka dalam waktu kurang dari 24 jam artikel BL saya sudah terindex dengan baik di SE. Sehingga secara otomatis akan memberikan aliran power yang sangat cepat menuju blog utama.

Selanjutnya membuat artikel BackLink kedua yang ditujukan untuk artikel pilar blog utama dengan cara Kembali membuat posting dengan target kata kunci utama yaitu tetap “Teknisi Pompa Air” namun kali ini link di arahkan untuk memberikan power menuju posting konten utama dan bukan ke homepagenya lagi.

Anchor tex untuk kata kunci yang ditarget pada masing masing posting harus disisipkan variasi kata yang lain agar semuanya tidak tampak 100% sama persis. Seperti contoh “teknisi pompa air dan listrik” ataupun “jasa teknisi pompa air” dan masih banyak lagi menurut kreasi sobat sendiri.

Jika semuanya sudah sobat lakukan dengan benar, maka memasuki umur sebulan, blog biasanya sudah menunjukkan tanda tanda posisi SERP yang semakin membaik. Untuk itu upaya optimasi selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menambah beberapa konten pendukung untuk menguatkan konten utama dengan teknik internal link yang baik.

Catatan: Kecepatan sebuah blog baru untuk menuju page one tergantung dari target kata kunci yang di bidik, semakin berat tingkat persaingan tentu saja akan memerlukan timing lebih lama dalam optimasinya.

Selain di dukung dengan support backlink berkualitas dari situs yang sudah memiliki peringkat bagus, tentunya sebagai modal utama tetap harus membuat sebuah konten dengan teknik on page yang bagus karena hal ini untuk memberikan pertahanan yang maksimal ketika blog sudah mampu mencapai page one agar tidak mudah tersingkirkan oleh kompetitor dengan terget kata kunci yang sama.  Semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga Blogger Nekat Yang Sedikit Beruntung Dengan Cara Yang Konyol.

Bagikan:
28 Comments
  1. phie
    • phie
      • phie
    • phie
  2. phie
      • phie

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.