Nonton Perayaan Leang-Leong di Arjowilangun Yuk !

Leang-Leong adalah sebuah karnaval iring-iringan mbah leang-leong pada acara “Bersih Deso”, yaitu sebuah perayaan tradisional khas Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang yang dilaksanakan setiap tahun untuk mengenang para leluhur yang pertama kali yang babad alas untuk mendirikan Desa Arjowilangun.

Acara ini biasanya diadakan pada hari jum’at pahing bulan selo (tahun jawa) atau zulhijah (tahun islam). Mbah leang-leong diwujudkan dalam bentuk patung sepasang pengantin yang dikeramatkan dan disimpan di sanggar Eyang Demang Merthowijoyo di dusun Panggang Lele.

Ketika acara bersih deso sedang dilangsungkan, patung mbah leang-leong ini di arak oleh warga mengelilingi desa arjowilangun dengan diikuti iring-iringan tarian tradisional dan berbagai kesenian daerah yang ada.

Mbah Leang-leong atau juga disebut mbah Gatholoco merupakan tokoh leluhur yang mendirikan Desa Arjowilangun dan kini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai mbah danyang yang mengayomi anak-cucunya, yaitu masyarakat Arjowilangun.

Perayaan mbah leang-leong ini merupakan salah satu bagian dari acara bersih deso, dimana sebelumnya acara lain juga diadakan beberapa hari sebelum perayaan akhir, diantaranya adalah napak tilas mengenang leluhur yang babad alas gung lewang lewung, acara marathon, bazaar atau pasar malam, orkes melayu atau dangdut, kuda lumping atau jaranan, parade drumband dan berbagai acara menarik lainnya.

Perayaan mbah leang-leong merupakan acara sakral sehingga melibatkan aksi pembakaran kemenyan seperti yang biasa dilakukan dalam tradisi jawa. Beberapa atraksi kuda lumping kesurupan serta bantengan mengamuk juga ditampilkan pada acara ini.

READ  Pesona Keindahan Alun-alun Kota Batu di Malang

( i ) Jika anda ingin menyaksikan perayaan leang-leong dari awal hingga akhir silakan tonton tayangan video berikut ini. Ketika menonton, anda seperti berada di desa Arjowilangun yang sedang menyaksikan perayaan mbah leang-leong yang sebenarnya yang berlangsung pada tanggal 5 September 2014.

READ  Upacara Tradisional Labuhan Pantai Ngliyep di Malang

^^ Jangan lupa baca juga Asyiknya Makan Sate Bekicot di Karangkates.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

3 komentar

  1. kreasi bajunya indah dan menarik sekali ya mbak, disana sering ya mbak diadakan perayaan dan sajian yang menarik, kalau di medan jarang tu mbak, mungkin karena sibuk ya orang-orangnya 😀

    1. di jawa terutama di pedesaan, budaya tradisionalnya masih kental mas 🙂 sehingga sering diadakan acara2 unik dan menarik setiap tahunnya 😀

  2. leang leong itu apa yaaa? 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *