Nama-Nama Unik Tanaman Yang Mencatut Nama Binatang PART 2

Artikel ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya yang membahas tentang pemberian nama tanaman atau buahan yang mencatut nama hewan, yaitu Nama Buah-Buahan Yang Mencatut Nama Hewan PART 1. Seperti yang saya katakana pada artikel sebelumnya pemberian nama buahan atau tanaman yang mencatut atau memakai nama hewan, merupakan sebuah ide yang kreatif, unik dan menarik.

kumis-kucing

Nama unik Tanaman yang mencatut atau memakai nama hewan :

  1. Kumis Kucing

Siapa sich yang memberi nama tanaman yang bernama latin Orthosiphon aristatus, dengan nama Kumis Kucing? Kenapa tidak diberi nama dengan nama Kumis Naga saja ? Saya sendiri kurang tahu,,hehe.Menurut saya penamaanya di karenakan ciri – ciri fisik dari tanaman ini yang memiliki bunga yang seperti kumis kucing.

Tanaman kumis kucing mengandung  kandungan kimia Orthosiphon glikosida,        zat samak, minyak atsiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, myoinositol.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing ini  bisa untuk mengatasi : Infeksi ginjal (Acute dan chronic nephritis), infeksi kandung kemih (Cystitis), Sakit kencing batu, Encok (Gout arthritis), Peluruh air seni (Diuretic), Menghilangkan panas dan lembab; masuk angin dan sembelit,  radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis; reumatik dan menurunkan kadar glukosa darah dan lain – lain sebagainya.

  1. Rumput Gajah

Dari namanya pastilah orang mengira rumput ini besar seperti gajah padahal tidak,rumputnya kecil.Rumput ini mencatut nama hewan yaitu gajah ,sebab tanaman ini merupakan  rumput yang sangat disukai oleh gajah.Selain menjadi pakan gajah rumput ini merupakan pakan ternak lainnya seperti Sapi dan Kambing.

  1. Lidah Buaya

Woww….. tanaman yang nama latinnya Aloe vera ini sungguh menyeramkan namanya, LIDAH BUAYA. Kenapa tanaman yang satu ini mengunakan nama buaya,mmm…kalau berdasarkan ciri –ciri pisik dari tanaman ini yang daunnya mirip dengan lidah dan memiliki lendir serta seperti ada duri – duri di pinggir daunnya, layaknya seperti buaya.Mungkin karena selintas mirip organ buaya, lalu tanaman ini mencatut nama Buaya.

Lidah Buaya Mengandung Kandungan yang penting buat kesehatan tubuh kita diantaranya : Vitamin A, Vitamin C, Riboflavin, Kalsium, Zat Besi, Karbohidrat, Protein dan lainnya.

Beberapa Manfaat Lidah buaya : Menyembuhkan Luka bakar, Menyuburkan rambut, anti radang,  menyembuhkan batuk, melancarkan peredaran darah, mengatasi plek hitam pada wajah dan masih banyak lagi.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat semoga bermanfaat, jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf. Jangan lupa baca juga artikel selanjutnya tentang Nama-Nama Tanaman dan Buah-Buahan Yang Menggunakan Nama Hewan PART 3.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.