Mitologi Nusantara Tentang Tuyul Pencuri Uang

Halo juragan… Sepertinya kita sudah tidak asing lagi dengan kata tuyul. Dalam kepercayaan masyarakat Indonesia, tuyul adalah makhluk halus yang digambarkan berwujud anak kecil berkepala gundul yang suka mencuri uang. Menurut para ulama, tuyul ini merupakan makhluk halus bangsa jin yang sering dipekerjakan oleh para dukun kepada seorang majikan yang ingin mengadopsinya.Namun berbeda dengan pendapat beberapa paranormal. Mereka mengatakan bahwa tuyul berasal dari arwah korban aborsi yang hanya berukuran setinggi sejengkal tangan dan berwajah seram, tidak mirip anak kecil yang lucu seperti anggapan masyarakat pada umumnya. Tuyul ini berteriak-teriak memanggil ibunya dengan suara seperti anak ayam memanggil induknya sebelum akhirnya ditangkap oleh seorang dukun untuk dijadikan budak.

Pendapat manakah yang benar? Benarkah tuyul ada? Hanya Allah yang tahu. Tetapi bagaimanapun juga tuyul telah dipercaya keberadaannya oleh banyak orang sebagai alat pesugihan untuk mencari uang dengan cara mencuri.

Gambaran Tuyul

Berdasarkan pendapat umum, tuyul hanya bisa dipelihara oleh wanita, karena makhluk halus ini butuh netek/menyusu jika malam hari. Serta butuh mainan, tempat tidur bayi dan lain-lain seperti layaknya anak kecil.

Tuyul dipercaya hanya bisa mencuri uang yang berserakan, tidak bisa mengambil uang yang dijepret atau diikat dengan karet, dan juga tidak bisa mencuri uang di bank. Konon makhluk halus ini bisa ditangkap oleh “orang pintar”, misalnya paranormal atau orang yang menguasai keahlian khusus dalam hal supranatural.

Beberapa paranormal mengatakan, ciri-ciri orang memelihara tuyul adalah rumahnya suka dicat berwarna-warni serta jika berjalan suka meletakkan kedua tangannya dibelakang seperti orang menggendong anak. Ini dimaksudkan untuk menggendong tuyul.

Jadi jika juragan sedang berjalan-jalan kemanapun janganlah meletakkan kedua tangan di belakang agar tidak dituduh sedang menggendong tuyul.

Berikutnya>> Umur Manusia Kurang Dari 24 Jam

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.