vps murah

Home / Misteri

Sabtu, 20 Desember 2014 - 05:22 WIB

Mitologi Jawa Berdiri di Pintu Bisa Menolak Rejeki

Berikut ini saya ingin bercerita sedikit kepada para embaca blog juragan cipir tentang mitologi jawa yang melarang orang berdiri tepat di pintu, baik pintu depan, pintu belakang, maupun pintu kamar. Artinya, orang tersebut berdiri tidak di depan maupun di belakang pintu, tapi berdiri tepat di tengah-tengah pintu.

Orang-orang tua jawa mengatakan bahwa berdiri seperti itu sangat tidak baik karena bisa menghalang-halangi rejeki yang mau masuk ke rumah. Rejeki dari luar rumah yang hendak masuk ke dalam rumah melalui pintu tersebut terhalang oleh yang orang berdiri di pintu.

tradisi jawa, mitologi jawa, kepercayaan jawa, adat jawa
Foto by Kapanlagi.com

Jadi dalam tradisi jawa, orang tidak boleh berdiri di depan pintu. Jika ingin berdiri di dekat pintu, mereka tidak boleh tepat di pintu, tetapi harus keluar sedikit atau masuk ke rumah sedikit sekalian agar tidak berdiri tepat di pintu.

READ  Menyingkap Asal-usul Ilmu Dan Tingkatan Kekuatan Dukun Paranormal

Selain itu pada senja hari orang jawa juga tidak boleh berdiri di depan pintu, mereka harus menjauh sedikit dari pintu. Alasannya adalah, karena arwah para leluhur kita tidak bisa masuk ke dalam rumah karena terhalang oleh orang yang berdiri di pintu. Dalam kepercayaan jawa, pada setiap senja hingga petang hari para arwah leluhur kita ingin masuk ke rumah untuk menengok anak cucu. Jika ada orang berdiri di dekat pintu, para leluhur akan mengira bahwa dirinya tidak diijinkan masuk ke dalam rumah oleh anak cucunya sendiri.

Terlebih lagi pada malam jum’at, semua arwah leluhur berdatangan ingin masuk rumah untuk menengok anak cucu. Pada malam jum’at senja hari tidak boleh ada orang berdiri di depan pintu. Orang-orang jawa tempo dulu biasanya memasang “sandingan” atau sesaji berupa makanan kesukaan para leluhur ketika mereka masih hidup di dunia.

READ  Ninki Nanka, Monster Raksasa Pengantar Kematian

Orang-orang jawa kuno memiliki kepercayaan bahwa para arwah leluhur masih memiliki peranan dalam kehidupan mereka di dunia. Para leluhur dipercaya memiliki keterkaitan erat dalam kehidupan manusia. Simak juga Kepercayaan Jawa Tentang Adanya Mbah Danyang.

Namun di kalangan orang-orang jawa sekarang, kepercayaan itu sudah mulai pupus. Orang berdiri di depan pintu dilarang karena menghalang-halangi orang yang mau lewat. Pintu adalah tempat orang keluar masuk rumah, bukan tempat untuk berdiri.

Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa baca juga Belajar Dari Seekor Hewan Laba-Laba.

Share :

Baca Juga

Misteri

Vampire, Makhluk Seram Penghisap Darah Manusia dan Hewan

Misteri

Yeongdeok, Rumah Hantu Paling Seram di Korea Selatan

Misteri

Foto Nyata Hantu Peri Tertangkap Kamera di Inggris

Misteri

Aswang, Hantu Binatang Pemakan Bangkai Manusia

Misteri

Mitologi Nusantara Tentang Tuyul Pencuri Uang

Misteri

Asparamancy, Meramal Masa Depan Dengan Daun Asparagus

Misteri

Kisah Mistis Penghulu Jenazah Memakamkan Jin Mati

Misteri

PĂșca, Peri Kecil Pandai Menjelma Menakutkan