Minum Kopi Secara Rutin Ternyata Mampu Mencegah Depresi Pada Manusia!

Kopi sudah dikenal luas oleh masyarakat menjadi minuman yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya sehat, bahkan banyak yang mengatakan, dengan meminum kopi, tubuh yang mulanya mengantuk, menjadi tidak mengantuk dari akibat kopi.

Ada sebuah penelitian menarik yang telah dilakukan di Harvard, jika dengan mengonsumsi kopi secara rutin, bisa menghindarkan kita terhadap adanya gangguan masalah depresi.

Simak juga: Makan Daging Ternyata Bisa Membuat Badan Anda Gemuk Lho!

minum-kopi

Penelitian yang telah dilakukan di Harvard ini sudah melibatkan sebanyak kurang lebih 200.000 partisipan yang diketahui berasal dari survei yang berbeda-beda, dan sudah dilakukan dengan menyeluruh.

Dari partisipan yang telah dikumpulkan, peneliti ingin mengungkap, seberapa banyak kopi yang akan dikonsumsi oleh mereka, di setiap harinya, dalam jangka waktu selama 4 (empat) tahun.

Bahkan, yang cukup mengejutkannya, di dalam penelitian ini juga berhasil menganalisa sebanyak 277 partisipan yang meninggal bunuh diri karena dirinya terkena masalah depresi, dan tak mampu dalam menghadapi masalahnya masing-masing.

Analisa telah didapatkan jika ada kaitan yang erat terhadap minuman kopi dan juga resiko bunuh diri.

Bagi mereka yang meminum kopi dengan 2 (dua) hingga 4 (empat) cangkir dalam 1 (satu) hari, maka akan memiliki resiko yang jauh lebih rendah dalam melakukan bunuh diri yang diakibatkan oleh depresi.

Para peneliti menyimpulkan hasil tersebut diperoleh karena adanya kandungan kafein yang ada di dalamnya.

Bisa disimpulkan, jika kafein yang terkandung di dalam kopi ini mampu dalam menurunkan gejala depresi dengan sangat signifikan. Kafein ini membantu dalam pelepasan hormon endorphin yang, di mana mampu membantu dalam menurunkan adanya masalah depresi di dalam tubuh kita.

Bahkan, sangat menariknya lagi, jika seseorang mengonsumsi lebih dari 4 (empat) cangkir dalam sehari, bagi kaum hawa, maka bisa menurunkan resiko depresi hingga 20%.

Namun, tetap, perlu kita ketahui, dibalik suatu hal yang berlebih pasti tidak baik bagi diri kita sendiri. Seperti halnya meminum kopi yang berlebih, pasti ada saja bahaya nantinya yang akan ditimbulkan.

Maka, lebih disarankan untuk meminum kopi secukupnya atau sewajarnya saja, tidak berlebihan. Jika anda masih haus sekali dan ada baiknya anda untuk mencoba meminum air putih.

Bahkan, jika anda memaksakan untuk meminum kopi setiap hari, resiko gigi yang kian menguning akan menimpa pada diri anda. Jangan lupa ketahui juga Benarkah Berenang Setelah Makan itu Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda?

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.