Migrasi Raksasa Ikan Sarden di Pantai Afrika Selatan

Halo juragan… Ikan sarden dalam kaleng yang kita masak biasanya hanya terdiri dari beberapa potong ikan saja. Mungkin kurang rasanya. Tetapi jika anda mau datang langsung ke sumbernya di pantai Afrika Selatan, maka anda bisa membakar ikan sarden sepuas-puasnya.

Pantai timur Afrika Selatan menjadi saksi dari salah satu migrasi ikan sarden terbesar di dunia sepanjang masa. Event ini dimulai setiap bulan Mei sampai Juli, dimana jutaan ikan sarden bertelur di Agulhad Bank dan membentuk jalan mereka ke pantai utara.

Image: Junko Kimura/Getty Images

Migrasi besar ini juga menarik predator, baik predator dari golongan manusia maupun hewan. Setiap tahun ribuan penduduk setempat dan wisatawan menggelar jaring ikan secara besar-besaran untuk menangkap pasukan sarden yang sedang boyongan.

Predator hewan yang ikutan bergabung dengan manusia diantaranya hiu, lumba-lumba dan gannet. Mereka mengelilingi ikan sarden yang tersangkut jaring dengan harapan bisa menikmati sarden segar yang gurih untuk makan malam tanpa bersusah payah.

edition.cnn.com

Rombongan sarden ini berlari di sepanjang pantai timur Afrika Selatan. Peristiwa ini merupakan ajang tahunan yang sangat menarik bagi ribuan warga setempat dan wisatawan. Setiap kawanan besar ikan sarden berukuruan seluas ratusan mil dan bisa menarik ribuan predator air seperti hiu, lumba-lumba dan gannets yang berenang melayang di atas rombongan ikan sarden.

^^ Jangan lupa baca juga Aneh! Seekor Katak Malas Minta Gendong ke Ikan Emas.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.