Merawat Mesin Diesel Yang Baik

Salam para juragan sekalian, tanpa saya sadari ternyata sudah bertahun-tahun tidak pernah membuat postingan di dalam website juragan cipir yang tercinta ini. Dalam artikel sederhana ini saya ingin berbagi tentang bagaimana merawat mesin diesel yang baik dan benar agar performa mesin tetap terjaga dan usia mesin lebih awet, nggak mau dong bentar-bentar musti ke bengkel untuk dandan, dandan,dan dandan…

Mesin diesel mungkin bukan mesin yang populer bagi pengguna kendaraan di Indonesia bahkan dunia, karena mesin bensin memang lebih diminati. Tapi jika kita mengetahui bagaimana perkembangan mesin diesel yang semakin hari semakin mengerti dengan kebutuhan konsumen serta mengikuti kemajuan jaman, mesin diesel kini semakin layak diperhitungkan untuk dijadikan sumber penggerak kendaraan kita. Kita akan membahasnya di lain waktu ya…

Kini saya akan memberikan tips-tips untuk menjaga agar kondisi mesin diesel tetap fit dan bertenaga setiap saat dibutuhkan.

Saringan Udara

Kebersihan filter udara sangat penting apalagi jika kendaraan sering berlalu lalang di area yang berdebu dan banyak polusi, karena udara merupakan salah satu unsur utama dalam proses pembakaran mesin (diesel maupun bensin). Selalu periksa secara berkala, jika sudah terlalu kotor atau lembab sebaiknya segera ganti agar aliran udara menuju ruang bakar tetap lancar tanpa hambatan. Bayangkan jika kita bernafas dengan hidung tersumbat, susah kan???

Filter udara yang kotor akan membuat pembakaran tidak optimal dengan gejala mesin mbrebet apalagi disaat mesin berputar dalam RPM tinggi disertai asap hitam pekat dari knalpot. Akibatnya sudah pasti tenaga mesin menjadi drop dan sudah untuk diajak lari kencang dan jika dibiarkan berlarut-larut akan merusak komponen pembakaran (Ring piston, piston, liner dan klep)

Filter Solar

Saringan bahan bakar tak kalah pentingnya dengan saringan udara, apa jadinya seorang manusia jika peredaran darah dalam tubuhnya tidak lancar? Seperti itulah analogi mesin diesel seandainya bahan bakar tidak dapat mengalir dengan lancar menuju pompa injeksi sebagai “jantung” mesin. Ganti filter solar secara rutin agar tidak menemui gejala mbrebet (terkadang disertai asap putih) dan mesin menjadi kehilangan tenaga.

Saringan Oli

Penggantian komponen yang satu ini secara berkala dapat memelihara mesin tetap fit karena sistem pelumasan semua bagian mesin selalu terjaga, tapi harus diingat bahwa penggantian Oli mesin jangan sampai terlupakan. Semua bagian di dalam mesin selalu bergerak selama mesin hidup dan oli berfungsi melumasi bagian-bagian tersebut agar gerakan tetap lancar dan meminimalisir efek gesekan.

Setel Klep

Klep bertugas membuka dan menutup aliran udara menuju ruang bakar, penyetelan yang rutin dapat menjaga ukuran udara yang masuk dan keluar tetap stabil sehingga pembakaran optimal. Klep terlalu renggang mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi boros sebaliknya jika terlalu rapat akan membuat mesin menjadi lebih cepat panas.

Setel Nosel

Nosel atau injector digunakan untuk menyemprotkan bahan bakar bertekanan tinggi yang dipompa oleh pompa injeksi ke dalam ruang bakar mesin dalam bentuk kabut. Menyetel nosel merupakan suatu keharusan untuk menjaga tekanan nosel tetap sesuai standar dan untuk memeriksa jika ada kebuntuan pada lobang penyemprot maupun keadaan nosel itu sendiri.

Jika ada kebuntuan atau penyemburan nosel sudah tidak bagus (menetes atau “kencing”) langsung ganti dengan yang baru karena akan mengakibatkan mesin lebih susah hidup dan kehilangan tenaga.

Memeriksa Air Radiator

Fungsinya sangat penting dalam menjaga suhu mesin agar tidak sampai terlalu panas yang akan sangat merugikan jika sampai terjadi. Suhu mesin yang terlampau panas atau biasa disebut overheat dapat membuat mesin mengalami kemacetan karena komponen mesin mayoritas terbuat dari besi, dan akan mudah memuai/mengembang akibat panas yang berlebih.

Itulah beberapa tips untuk merawat mesin diesel karena hal-hal tersebut tidak boleh diabaikan, berkendara menjadi lebih tenang, kantong pun tetap aman, perjalananpun menyenangkan.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.