Menulis Caption Instagram Jangan Asal, Ada Triknya!

Instagram adalah tentang konten visual, bukankah Anda setuju? Tentunya, dengan mengandalkan konten visual, kualitas foto  yang diunggah adalah faktor SANGAT PENTING yang harus diprioritaskan.

Hal ini akan berpengaruh dalam upaya menarik perhatian follower. Kualitas foto yang tajam, cantik atau sarat makna akan membuat pengguna tertarik terhadap bisnis Anda dengan cara menjadi follower (atau bahkan customer).

Namun, perlu diingat, foto saja tidak akan cukup. Setiap konten yang diunggah harus bersanding dengan caption yang mampu menceritakan isi foto, membuat pembaca penasaran, atau mengajak follower untuk mengambil suatu tindakan.

Dilansir Hubspot, berikut ini adalah contoh cara menulis caption Instagram yang dapat Anda tiru:

instagram1

  • Awal paragraf adalah yang terpenting

Pernahkah Anda memperhatikan detail caption pada Instagram sebelumnya? Jika Anda perhatikan dengan teliti (lihat gambar di atas), sebuah caption Instagram tidak dapat tampil seutuhnya. Biasanya caption yang ditulis akan terpotong pada baris ketiga (lihat tanda panah). Bukan berarti kita harus menulis caption sesingkat mungkin agar dapat tampil secara utuh, namun kita harus memberi perhatian lebih terhadap apa yang akan kita tulis di awal kalimat. Contoh menarik dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini:

instagram2

Frank Body, skincare berbahan dasar kopi menulis caption yang membuat penasaran followernya.

Love coffee? You’ll love what I have for you next. Toninght I drop my best kept secret yet. Can…more

Dengan membaca caption di atas, tentunya follower akan merasa penasaran dengan rahasia yang akan dibagikan. Dan hal ini memicu mereka menekan MORE.

Excellent!

  • Masukkan unsur CTA (Call to Action)

Cara paling jitu untuk mendapatkan banyak share dan reaksi terhadap konten Anda adalah dengan memasukkan unsur CTA (ajakan untuk bertindak) ke dalam caption Instagram. Unsur CTA yang dimasukkan dapat berupa pertanyaan, ajakan untuk tag teman, tantangan kontes dan lain-lain. Berikut ini  contoh caption Instagram yang mengandung unsur CTA.

instagram3

instagram4

instagram5

  • Batasi penggunaan hashtag

Setiap caption yang saya unggah di Instagram selalu mengandung hashtag di dalamnya. Ini adalah cara favorit saya membuat konten yang diunggah gampang ditemukan oleh pengguna Instagram lain.

Namun ternyata, tidak semua orang menyukai hashtag di dalam caption. Adanya hashtag di dalam sebuah caption terkadang bisa “mengganggu” pembaca karena terlihat berbeda (karena hashtag secara otomatis akan berubah warna) dan kurang natural.

Jika Anda tetap memilih untuk menggunakan hashtag, usahakan untuk menulisnya di bagian akhir caption Instagram, saat semua cerita di balik konten Anda benar-benar sudah selesai. Sementara itu, penulisan caption tanpa hashtag dapat Anda lihat pada konten berikut:

instagram6

Penulisan caption Instagram dari Starbucks terlihat sangat natural dan enak dibaca akibat ketiadaan hashtag di dalamnya. Ingin menirunya?

  • Gunakan emoji

Berbagai macam emoji kini dapat dengan mudah ditemukan pada smartphone (berbagai merk). Tambahkanlah emoji untuk menampilkan unsur kepribadian (sisi humanis) pada konten Anda. Buat follower yakin bahwa akun Instagram Anda benar-benar dioperasikan oleh seorang manusia.

instagram7

Contoh penggunan emoji pada caption Instagram milik Fedex di atas sangat mengena. Emoji bola mata yang ditambahkan seakan mengajak follower untuk fokus terhadap foto yang diunggah. Serasa ajakan, Hei ada foto bagus nih! Coba lihat!

Yang mana favoritmu? Tak ada salahnya mencoba! Jangan lupa simak juga Ssstt, Ini loh Rahasia Menulis Iklan Yang Menarik Bagi Pembaca.

Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.