Menghargai Diri Sendiri Dengan Berkomentar Yang Baik di Blog Lain

Halo juragan… Semua blogger pasti punya kesalahan dalam berkomentar di blog lain maupun di blognya sendiri. Dari kesalahan yang pernah kita perbuat tersebut maka tentunya kita akan lebih berhati-hati agar kesalahan yang sama tidak terulang lagi.

Karena jika kita kesalahan yang sama dalam berkomentar sering terjadi, maka yang rugi adalah diri kita sendiri.

Apanya yang rugi?

Harga diri kita yang rugi. Berkomentar di blog lain dengan cara yang baik dan tidak asal-asalan sama dengan menghargai diri kita sendiri.

Sebagai contoh, jika ada seseorang yang berkomentar di blog anda seperti ini; 

“Menarik artikelnya gan. Ditunggu kunjungan baliknya di blog saya, http://example.blogspot.com/”

Bagaimana perasaan anda terhadap orang tersebut? Apakah mau anda berkunjung balik? Mungkin anda mau saja, tetapi rasanya hati kurang ikhlas karena anda seperti dipaksakan untuk berkunjung balik. Atau lebih mungkin sekali komentar tersebut anda hapus secara permanen.

Oleh karena itu kita jangan menulis komentar-komentar seperti itu di blog lain agar tidak merusak citra blog kita sendiri.

Meminta kunjungan balik?

Jika komentar kita relevan dengan isi bacaan dan tidak asal-asalan, tanpa meminta kunjungan balik-pun pasti si empunya blog akan berkunjung balik ke blog kita, karena komentar kita menghargai mereka. Benar bukan?

Bukan berarti kita minta disanjung dan dipuji, tetapi semua blogger umumnya tidak suka jika blognya dikomentari dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan aturan umumnya di internet.

Sekali lagi saya ingin sampaikan, “berkomentar yang baik dan sopan serta relevan dengan isi bacaan sama dengan menghargai diri kita sendiri”.

Jika kita sudah berkomentar baik-baik tetapi si empunya blog tetap tidak menggubris, ya jangan berkomentar lagi di blog itu! Dan itu sudah menjadi resiko kita berkomentar di blog lain.

Pengecualian

Jika kita newbie atau gak ngerti dengan topik yang dibahas tetapi kita ingin berkomentar, maka kita boleh berkomentar yang “kurang relevan” dengan isi postingan asalkan kalimatnya jangan terlalu pendek seperti dibawah ini;

nice info, ditunggu follbacknya ya gan

(nice info untuk pemilik blog dan ditunggu follbacknya ya gan untuk kita sendiri. Pelit banget 🙂

Sebaiknya kita usahakan menulis kalimat secukupnya (jangan terlalu pendek) agar komentar kita pantas, sehingga si empunya blog akan berkunjung balik dengan sendirinya tanpa kita minta.

Penting! Jangan meminta kunjungan balik dan meminta follback.
Karena jika tidak dikunjungi balik dan tidak difollback maka kita akan malu sendiri. Sehingga kita tidak tampak seperti di dalam spoiler dibawah ini;

Spoiler:

Jika anda sudah mem-follow tetapi tidak di follback, unfollow saja! Terkecuali jika anda menyukai artikelnya dan ingin memfollow secara sukarela, silakan difollow tanpa meminta follback. Karena terkadang kita juga ingin memfollow blog secara sukarela, bahkan sering jika artikel tersebut bermanfaat bagi kita.

( * ) Semua blogger pasti pernah mengalami kesalahan. Jika sekarang kita tahu bahwa itu adalah kesalahan, maka sebaiknya jangan kita ulangi lagi kesalahan tersebut agar tidak merugikan citra diri kita dan juga citra blog kita di internet.

Ini saja yang bisa saya bagikan kepada sahabat-sahabat semuanya, semoga bermanfaat dan salam blogger ^_^

Bagikan:
52 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.